Pages

Wednesday, January 19, 2011

Suhu Badan Meningkat dan Bintik-Bintik Merah Gosong

Dokter yang terhormat,
Saya sudah 2 minggu ini merasakan keluhan badan serasa tidak fit, bila malam sampai pagi hari suhu tubuh sedikit meningkat, saya merasa tidak enak badan dan letih, dan baru seminggu yang ini dipanggul dan leher saya ada seperti bentol merah yg melebar sebesar ibu jari, lalu tubuh terasa gatal, dan keluar bentol-bentol merah kecil-kecil spt alergi di dada, punggung, dan pangkal lengan, dan suhu tubuh saya sedikit meningkat dan tidak enak badan, lalu saya mengkonsumsi obat biogesic. Perlu dokter ketahui selama 1 bulan ini saya tidak mengkonsumsi seafood / ikan laut / antibiotik. Sekarang ini bentol2 tsb menjadi gosong. Saya sudah check darah Hematologi lengkap dan Widal, dengan hasil yang perlu diamati sbb :

Hb 11.3 g/dL
Eritrosit 5.96 juta/ul
MCV/VER 62.1 fl
MCH /HER 19.0 pg
MCHC /KHER 30.5 g/dL
Hitung Jenis: Eosinofil 6.00 %
Batang 0.0 %
Monosit 1.0 %
dan Imunologi sbb :

S. Thypi O (Negatif)
S thypi H (Negatif)
S. Parathypi AO (Negatif)
S. Parathypi AH (Negatif)
S. Parathypi BO (Negatif)
S. Parathypi BH (Negatif)
S. Parathypi CO (Negatif)
S. Parathypi CH (Negatif)
Yang menjadi pertanyaan saya dok, Apakah hasil cek darah saya bagus? Sebenarnya saya sakit apa dok dengan keluhan spt diatas dan dari hasil tes darah? Dan Bagaimana cara pengobatannya? Dan tolong, dokter merekomendasikan saya untuk berobat dimana?

Terima Kasih dok sebelumnya,

Jawaban:

Mba Bunga Ykh,

Kalau melihat hasil laboratorium, darah anda tidak terlalu bermasalah. Hb anda yang sedikit kurang bisa jadi karena sedang sakit sehingga nafsu makan anda menurun dan mengakibatkan penurunan sedikit dari kadar Hb-­nya .

Informasi keluhan yang anda derita masih kurang. Selain gatal, adakah keluhan lain yang menyertainya seperti nyeri atau gangguan sensibilitas, atau ada rasa pada area kulit yang bermasalah tersebut. Selain itu, apakah ada riwayat kontak dengan individu dengan keluhan yang sama dan riwayat keluarga dengan keluhan yang sama, pemakaian kosmetik atau sejenisnya sebelum keluhan muncul.

Keluhan seperti yang anda alami bisa saja timbul akibat reaksi alergi ataupun akibat infeksi. Oleh sebab itu, sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter kulit supaya keluhan anda bisa dilihat langsung oleh dokternya. Diagnosa yang tepat penting untuk menentukan obat apa yang sesuai bagi anda.

Demikianlah, semoga bermanfaat dan terima kasih atas pertanyaannya.


(dr. Iman Hilmansyah)

No comments: