Pages

Tuesday, January 25, 2011

Tanda Awal Kanker Kulit – RDL

Dengan hormat,

Dokter, ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan. Untuk informasi,
Selama ini saya menggunakan RDL untuk perawatan wajah, sebulan yang lalu saya membaca di internet bahwa penggunaan RDL pada wajah bisa menimbulkan Kanker Kulit. Karena itu sebulan yang lalu saya tidak menggunakan lagi.
Sebagai gantinya saya menggunakan Pembersih dan Cream dari Produk "OVALE" tetapi sudah 2 minggu terakhir ini di wajah saya timbul jerawat yang bentuknya halus-halus (jerawat nasi). Dan jika dibersihkan pada wajah saya muncul bercak hitam dan kemerahan. Yang saya tanyakan apakah ini cuma dampak, karena saya sudah tidak menggunakan RDL atau saya sudah terkena Kanker Kulit.
Mohon penjelasan dari Dokter. Dan tidakan apa yang harus saya ambil.
Atas bantuan dan penjelasannya tak lupa saya ucapkan terima kasih.

Jawaban:


Saudara Therry yth,

Beberapa keluhan berikut sering ditemui sebagai keluhan awal pada keganasan/kanker kulit yaitu adanya rasa gatal/nyeri, perubahan warna (gelap, pucat, dan terang), ukurannya membesar, pelebarannya tidak merata, permukaan tidak rata, dan adanya luka/infeksi yang sukar sembuh. Selain itu juga terdapat tanda-tanda seperti tidak ditemuinya rambut pada daerah luka, warna suram atau sama dengan kulit normal, permukaan tidak rata, cekung di bagian tengah dengan pinggir agak menonjol, penyebaran warna tidak merata, bersisik halus atau mudah timbul perdarahan, sering timbul tunas yang bersifat seperti induknya, dan lain-lain.

Menilik keluhan anda, sebaiknya saudari datang saja ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Untuk menegakkan diagnosis penyakit kulit, dokter harus melihat kelainan kulit yang ada. Bisa saja yang saudara alami kelainan dini tumor ganas atau bisa juga merupakan reaksi ketidakcocokan terhadap kosmetik yang sekarang. Dokter akan merujuk ke dokter kulit bila hal tersebut diperlukan.

Demikian jawaban saya, semoga bermanfaat.

Â
(dr. Edi Patmini)

No comments: