Pages

Monday, April 25, 2011

Radang Tenggorokan

Bapak saya sering sekali radang tenggorokan, biasanya radang kambuh kalo saya kebayakan makan makanan yg manis-manis, permen ataupun coklat. Saya biasanya berobat ke dokter dan diberi antibiotik berupa amoxilin, F.G troches atau obat lainnya, radang saya cukup sering kambuh dan saya lama-lama males minum obat.

1. apakah radang tenggorokan bisa sembuh sendiri tanpa minum obat?
2. apa efek terlalu sering terkena radang tenggorokan ?
3. apakah makanan gorengan ataupun berminyak mempercepat kambuhnya radang ?
4. saya dengar terlalu sering minum antibiotik bisa sebabkan penyakit tidak sensitif lagi terhadap penyakit, apakah benar hal tersbut pak?

sekian bapak dan terimakasih, tolong dibalas ke email ya bapak.

- Lili-

Jawaban:


Ibu Lili,

1. Radang tenggorokan dapat sembuh sendiri bila daya tahan tubuhnya cukup baik. Namun untuk sembuh sendiri biasanya butuh waktu sekitar 1 minggu, itu juga bila penyebabnya virus. Sedangkan untuk bakteri akan dibutuhkan antibiotik dalam mempercepat penyembuhannya sebelum terjadi penjalaran yang meluas ke saluran pernapasan dalam.

2. Sekali lagi tergantung penyebabnya dengan melihat keadaan fisiknya. Baiklah saya berikan contoh efek samping buruk yang mungkin terjadi. Bila penyebab radang tenggorokan berulang disebabkan oleh amandel yang membesar dan terinfeksi berulang (biasanya oleh Streptococcus hemolitikus), kemungkinan yang bisa terjadi adalah PJR (Penyakit Jantung Rematik) atau gangguan pada ginjalnya, disebabkan reaksi kompleks imun. Namun bila penyebabnya virus tidak.

3. Gorengan dan minyak bukanlah sebagai penyebab, tetapi memudahkan tercetusnya.

4. Pemakaian antibiotika terlalu sering dan lama, tanpa sesuai aturan dokter memang dapat menimbulkan resistensi. Kuman dapat bermutasi sehingga lebih tahan terhadap obat yang diberikan. Akibatnya harus digunakan antibiotik yang lebih tinggi levelnya atau jenis lain yang tentunya lebih mahal. Biaya lagi khan? Selain itu kasihan juga tubuh kita.

Walau sering radang tenggorokan jangan mencoba mengobatinya sendiri dengan menggunakan resep sebelumnya. Dokter biasanya mempertimbangan pemberian antibiotik bila sudah dirasakan perlu, salah satunya bila sakit sudah lebih dari 3 hari, selain dari pertimbangan lain.

Sedikit TIPS dari saya : Intinya sih.. LEBIH BAIK MENCEGAH DARI PADA MENGOBATI

1. Konsumsi vitamin C dapat membantu menjaga daya tahan tubuh kita sebagai anti oksidan pada saat awal sakit. Jangan dibiarkan begitu saja.

2. HENTIKAN MEROKOK (bagi yang merokok) , atau hindari lingkungan yang memungkinkan kita untuk menghirup asap rokok. Asap rokok dan bahan-bahan berbahaya di dalam sebatang rokok bersifat mengiritasi dan menurunkan daya proteksi paru karena banyak sulianya yang rusak. Sebagai perokok pasif, kita pun akan memiliki resiko yang hampir sama dengan yang aktif, lho.
Makanan, minuman, debu dan alkohol juga dihindari.

3. Olahraga.... walaupun ringan atau sekedar jalan-jalan pagi menghirup udara segar yang belum terpolusi kendaraan minimal 30 mnt. Mungkin kelihatannya kecil dan remeh namun olahraga dapat membantu menjaga daya tahan tubuh dan membuat sirkulasi darah beredar lebih lancar.

4. Bila dalam 3 hari tidak ada perubahan atau memburuk...padahal sudah minum obat-obat warung, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter.

Demikian jawaban saya, semoga bermanfaat.


(Dr. Meity Wulandari)

2 comments:

home loan remortgage said...

dok saya mau tanya, penyakit yg sudah selama 2tahun adalah sakit ditenggorokan, terasa ada daging2 kecil di bawah lidah tenggorokan, itu saya alami semenjak penyakit lambung akut....sudah beberapa pengobatan saya alami tapi hasilnya nihil...yg saya takutkan ini buka sakit tenggokan biasa...? mohon jawabannya...terimakasih

Michael Tan said...

Kalo penggunaan amoxan sebaiknya berapa kalis ehari dan sampe berapa lama sehingga tidak mengakibatkan resistensi...
Trmakasih