Pages

Friday, June 17, 2011

Usai Bercinta Keluar Cairan Kuning, Amankah?

SELAMAT sore, saya ingin bertanya seputar kesehatan alat reproduksi wanita. Beberapa waktu ini, ketika saya dan pasangan melakukan hubungan intim, seringkali sesudahnya mengeluarkan cairan berwarna kuning namun tidak berbau. Amankah?

Pada saat sanggama, saya tidak merasa sakit atau setelah sanggama tidak ada keluhan nyeri apapun, hanya keluar cairan seperti itu saja.

Menurut dokter, sebenarnya apa yang terjadi pada organ reproduksi saya? Apakah ada semacam gangguan atau iritasi yang disebabkan oleh sanggama? Dan apa saran dokter untuk mengatasi permasalahan saya ini?

Terimakasih atas jawaban dan saran dokter.

Salam
maya [jta.victorya@gmail.com]

Jawaban:

Cairan kuning tersebut keluarnya berapa hari sesudah sanggama? Segera atau beberapa hari sesudahnya, dan apakah sebelumnya tidak demikian?

Kalau hanya kekuningan mungkin tidak apa-apa, kecuali kalau berwarna hijau dan bau. Itu mungkin karena infeksi. Anda harus periksakan diri ke dokter, saya tidak bisa bilang persis karena apa, karena saya tidak melakukan pemeriksaan kepada Anda.


(Dr Anita Gunawan SpAnd)

No comments: