Pages

Wednesday, January 25, 2012

Berapa Hari Normalnya Periode Haid?

TANYA:

Halo dok, saya mahasiswi berusia 22 tahun. Saya ingin bertanya tentang pola menstruasi yang normal. Sekarang ini siklus haid saya sekitar 28 minggu. Saya tidak pernah mengalami sakit perut setiap haid, Alhamdulilah semua baik saja. Yang jadi pertanyaan adalah berapa hari normalnya haid, karena saya biasanya 3 hari sudah bersih. Namun teman2 saya kebanyakan sampai 7 hari bahkan lebih. Bagaimanakah yang normal?

Hesti, Bandung

JAWAB:

Terimakasih atas pertanyaannya. Siklus haid yang normal lamanya berkisar 5-7 hari. Sementara jumlah siklusnya 28-35 hari. Untuk mengetahui normal tidaknya jumlah perdarahan sekitar 2-4 kali ganti pembalut dalam sehari, namun di luar itu belum tentu tidak normal.

Pada wanita lajang seperti Anda, bila ada perubahan dalam siklus haid, ada baiknya kontrol ke dokter kebidanan. Bila tidak ada kelainan fisik biarkan saja tidak perlu segera diatur dengan obat, apalagi tindakan operasi. Siklus haid sangat tergantung dengan pola hidup, kegiatan fisik dan tingkat stres kita.

4 comments:

Sphere said...

Helloo, sorry nih mau tanya, caranya buat bisa konsultasi bagaimana yah? kok ngga ada pilihan buat posting? mohon dibantu caranya biar bisa posting dan dijawab konsultasinya. thanks

Puji said...

Mohon maaf sebelumnya,saya tidak tau caranya nge post pertanyaan di blog ini
jadi saya mengirim pertanyaan via comment,
Dokter,ibu saya di vonis kanker Ovarium Stadium 3C,Ibu saya sakit dari bulan
Agustus 2011,..tanggal 18 September 2011 menjalani Kemoterapi pertama dengan regimen
paxus 100 mg/2pck,paxus 30mg/2pck,carboplatin,dan kytril (seharusnya paloxy,tetapi diganti ).
Selang waktu pemberian infus,sekitar 4-5 jam,dan sesudahnya boleh plng,..
tanggal 18 November 2011 ibu saya menjalani operasi pengangkatan rahim.
Dengan Hasil PA = "Endometrioid adenocarcinoma moderatelly differentiated a/r ovarium
bilateral uterus,tuba kanan dan kiri bebas massa tumor.Sediaan omentum tampak telah
diinfiltrasi sel tumor"
Dokter yang menangani ibu saya mengharuskan melakukan kemoterapi lagi dengan regimen yang
sama,Minimal 3x lagi,..(dan tidak ada batasan maksimal utk kemo)
Tetapi saya terbentur dengan biaya,dan memutuskan mengganti alternatif pengobatan,..
Selama ini dengan pengobatan yg kami lakukan selama 3 bln tidak ada keluhan dengan kondisi
kesehatan ibu.
Dalam 3 bln ini cek medis yang kami lakukan adalah cek darah
yaitu hematologi rutin,sgot,sgtp,BUN/Urea N,Serum Kreatinin dan yang paling penting
CA125.( hasil normal 0-35 U/ml )
Semua hasil cek darah menunjukan kemajuan yang signifikan,..
Hasil CA125 bln desember 2011 = 78,92 U/ml
Hasil CA125 bln Januari 2012 = 42,02 U/ml
Hasil CA125 bln Februari 2012 = 25,46 U/ml
Kemudian hasil usg obygin tgl 11 feb'12 tidak ditemukan adanya benjolan (bersih)
Dan berat badan ibu saya selama 2bln ini naik 5kg..dan tidak ada keluhan
kesehatan selama ini.
Pertanyaan saya :
Apakah ibu saya sudah sembuh?
Apakah ada cek darah untuk mendeteksi masih ada atau tidaknya sel kanker?
Bagaimana cara mendeteksi ada tidaknya sel kanker yang mash berjalan?
Apa yang harus saya lakukan saat ini,?apakah harus melakukan usg?
Atau melakukan cek2 lain?
terimakasih atas waktunya,..mohon balasannya dokter

urayaki aza said...

assalamualaikum....... dokter maaf saya mau tanya. sebelumya saya minta maaf karna tak tahu cara nge post pertnyaan di blog ini.
alhmdlh saya sedang hamil ini kehamilan saya yang 1 dokter. perut saya terasa lebih sering kencang n kadang nyeri tiba- tiba di perut atau di pingang dokter. apa kah itu normal dokter.
terus saya lebih banyak minum air putih n buang air kecil saya lebih sering? dokter mohon di balas. terimakasih

urayaki aza said...

assalamualaikum....... dokter maaf saya mau tanya. sebelumya saya minta maaf karna tak tahu cara nge post pertnyaan di blog ini.
alhmdlh saya sedang hamil ini kehamilan saya yang 1 dokter. perut saya terasa lebih sering kencang n kadang nyeri tiba- tiba di perut atau di pingang dokter. apa kah itu normal dokter.
terus saya lebih banyak minum air putih n buang air kecil saya lebih sering? dokter mohon di balas. terimakasih