Pages

Tuesday, February 7, 2012

Sudah Operasi Ambeien Tapi BAB Masih Berdarah

Dokter, saya punya masalah di bagian anus. Dulu saya ada ambeien dan sudah diambil tindakan. Ini terjadi sekitar 3 tahun lalu. Kemudian tahun lalu, pup saya beberapa kali berdarah dan saya konsultasi ke dokter bedah di sebuah RS Swasta, ketika di cek di ruang tindakan, katanya ambeien saya kecil-kecil. Dokter tersebut menyarankan saya untuk diendoskopi dan merujuk saya ke dokter Ilmu Penyakit Dalam.

Setelah konsultasi dengan dokter IPD, dan setelah diendoskopi hasilnya tidak ada apa-apa di bagian tubuh saya, hanya ambeien kecil-kecil. Tapi sekarang pup saya berdarah lagi yah dok? Padahal pupnya tidak keras, beberapa kali pup saya berdarah kira-kira menurut dokter ada masalah apa dengan tubuh saya? Terimakasih.

Samuel (Pria Lajang, 22 Tahun), sam01mei@yahoo.com
Tinggi Badan 170 Cm dan Berat Badan 58 Kg

Jawaban

Apakah gejala yang Anda kemukakan waktu BAB disertai rasa sakit? Bila ada, maka kemungkinan terdapat radang atau fisura ani. Pemeriksaan patologi dengan melakukan biopsi perlu dipertimbangkan.

Fisura ani adalah luka atau robekan yang terjadi di sekitar anus dan umumnya mengeluarkan sedikit darah. Pasien dengan fisura ani biasanya juga merasa sakit saat BAB akibat pergerakan usus karena banyak saraf di sekitarnya.

Saya sarankan Anda berkonsultasi pada spesialis bedah konsultah bedah digestif.

Dr. Hermansyur Kartowisastro, SpB-KBD

No comments: