Saturday, May 12, 2012

Kena Kutu Air yang Sudah 1 Tahun Tak Sembuh-sembuh

Dokter, saya mempunyai keluhan kutu air yang menyerang pada sela-sela antara jari kaki sebelah kanan. Kulit diantara sela kaki tersebut bentuknya seperti tanah yang retak-retak, rasanya perih dan gatal. Hal ini sudah berlangsung kira-kira 1 tahun belakangan.

Saya sudah mencoba kalpanax dan mico-z yang saya oleskan 2 kali sehari, namun tetap saja sang kutu air tak mau hilang. Menurut dokter apa penyebabnya dan obatnya? Terimakasih atas bantuan dokter.

Azwar (Pria Menikah, 35 Tahun), ref_XXXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 170 Cm dan Berat Badan 80 Kg

Jawaban

Kutu air adalah istilah awam untuk penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur, yang menyerang sela-sela jari penderitanya. Keluhan subyektifnya adalah rasa gatal yang sangat menganggu.

Bila tak tertangani, rasa gatal akan memicu garukan berlebihan, sehingga mengakibatkan infeksi sekunder oleh kuman.

Faktor pemicu kondisi kutu air ini adalah kelembaban yang tinggi (misalnya kaki yang sering basah, selalu memakai sepatu tertutup), penggunaan antibiotik secara berlebihan, penyakit diabetes melitus dan penyakit yang menyebabkan daya tahan menurun, misalnya keganasan.

Dari penjelasan tentang kondisi yang diberikan, kutu air mungkin menjadi salah satu penyebab yang mungkin. Pengobatan kutu air tidak cukup dengan krim-krim anti-jamur saja.

Pengendalian faktor pemicu lain juga perlu dilakukan untuk mengurangi kemungkinan kekambuhan.

Cara yang paling mudah adalah menjaga agar sela-sela jari senantiasa kering, menjemur sepatu di bawah terik sinar matahari, dan mengendalikan penyakit lain bila ada.

Bila semua sudah dilakukan namun penyakit tetap ada, sebaiknya anda berobat ke dokter kulit dan kelamin terdekat.

dr. Susie Rendra, SpKK

No comments: