Pages

Thursday, June 28, 2012

Cemas Karena Keluarga Keturunan Diabetes

ok, almarhum Ayah saya, Nenek dan Kakek saya punya penyakit diabetes dan beliau-beliau wafat karena penyakit tersebut. Dan sekarang Bude saya juga menderita diabetes. Kira-kira berapa persentase ya dok saya bisa kena? Lalu bagaimana cara menghindarinya? Terimakasih.

Rachma (Perempuan Lajang, 30 Tahun), fakiddss@gmail.com
Tinggi Badan 160 cm dan Berat Badan 56 kg


Jawaban

Saya akan menjawab kedua pertanyaan ini sekaligus. Pertanyaan mengenai peran faktor genetik dan risiko pewarisan diabetes sudah pernah saya bahas (lihat 'Ayah dan Nenek Diabetes, Bagaimana Risiko si Anak?').

Saya akan membahas lebih detail mengenai peran faktor genetik dalam kanker thymus. Secara umum, seperti pernah saya terangkan dalam 'Apakah Gen Kanker Menurun?' dan 'Bisakah Risiko Kanker Keturunan Dihindari?', kanker tidak begitu saja diwariskan dari orang tua ke anaknya. Sementara faktor genetik sendiri ada yang diwariskan dan ada yang tidak diwariskan (lihat 'Gen Rusak Penyebab Kanker').

Pada kanker thymus sampai saat belum teridentifikasi faktor risiko yang spesifik. Beberapa penelitian menunjukkan pengaruh paparan radiasi pada terjadinya kanker ini, namun masih diperlukan pembuktian lebih lanjut. Demikian pula faktor pewarisan gen-gen tertentu yang memicu terjadinya kanker thymus masih merupakan misteri. Penelitian-penelitian menunjukkan beberapa gen mengalami kerusakan pada penderita kanker thymus. Namun demikian, kerusakan-kerusakan itu terjadi secara spesifik pada lokasi sel dimana kanker terjadi dan tidak diturunkan.

dr. Teguh Haryo Sasongko, PhD

No comments: