Pages

Monday, June 4, 2012

Gadis yang Menarik Diri dari Pergaulan Sosial

Dok, saya pernah membaca tentang gangguan selektiva mutis dan saya merasa memiliki ciri-ciri tersebut, seperti kecemasan yang berlebihan, tidak memiliki kemampuan untuk mulai berbicara atau berkomunikasi dengan orang lain, tidak nyaman dan suka menarik diri dari pergaulan dan saya sangat terganggu dengan hal tersebut. Yang ingin saya tanyakan apakah saya mengalami gangguan tersebut? Mengingat umur saya 27 tahun. Kalau iya, apakah ada solusinya, karena saya merasa sangat terganggu dengan hal tersebut?

Nur Hasanah (Perempuan Lajang, 27 Tahun), rainasXXXXX@gmail.com
Tinggi Badan 150 Cm dan Berat Badan 55 Kg

Jawaban

Mutisme adalah berdiam diri, tidak berbicara bukan karena adanya kelainan organ berbicara. Selektif maksudnya hanya pada orang-orang tertentu. Jadi mutisme selektif adalah ketidakmauan berbicara kepada orang tertentu, misalnya seseorang yang tidak mau berbicara kepada orang rumah, tetapi mau berbicara kepada orang luar.

Keadaan yang dialami Nur, itu mungkin karena Nur termasuk seorang yang introvert atau orang yang tertutup, kurang bisa untuk segera berkomunikasi dengan orang lain, lebih senang dengan kegiatan yang tidak banyak berhubungan dengan orang banyak.

Kalau Nur merasa terganggu dan ingin berubah, tentu bisa dengan cara belajar untuk lebih komunikatif dengan orang lain. Misalnya Nur membuat agenda setiap hari harus menyapa paling sedikit 2 orang, menanyakan keadaannya atau sekedar berbicara tentang keadaan umum sehari-hari, jadi tidak hanya mengucapkan salam 'selamat pagi'. Nur juga dapat menambah pengetahuan umum supaya tidak kekurangan bahan untuk berbicara dengan orang lain.

Dr. Elly Ingkiriwang, SpKJ

No comments: