Pages

Sunday, May 16, 2010

Keriput Kulit Berlebih Pada Usia Muda, 16 Tahun

Saya Remaja berusia 16 tahun. Sya pernah mengalami stress berkepanjangan selama 1,5 bulan.
Nah pada puncaknya stress. Rambut saya rontok, kusam, berantakan
Dan yang paling saya herankan dan tak habis pikir Mengapa kulit saya jadi tidak kencang kusam
Bahkan banyakj sekali lipatan – lipatan pada kulit saya. Kulit saya juga ( di wajah, tangan, kaki , badan semuanya )
Menjadi banyak berkerut. Untungnya, sekarang masalah stress yang saya hadapi sudah beres
Tolong saya dokter, apakah kulit saya bisa sehat lagi, kencang, bersih tidak banyak lipatan lagi?
Apa penyebab kulit bisa seperti itu dok? Apa saya mengalami penuaan dini dok?
Tapi bukannya umur saya masih sangat muda, 16 tahun dok ?
Mengapa stress berpengaruh pada kulit dok

Jawaban:

Hubban yang saya hormati juga,

Keriput dapat disebabkan oleh berbagai macam hal seperti proses penuaan alami, gizi yang tidak seimbang, pola hidup yang tidak teratur, polusi udara serta stress.

 Proses penuaan sendiri dapat dipercepat oleh hal-hal yang disebutkan di atas.

Berbicara tentang penuaan, maka kita berbicara tentang radikal bebas. Pernah mendengar istilah ini? Bila belum, saya coba jelaskan secara singkat dan sederhana. Radikal bebas merupakan molekul yang memiliki pasangan elektron bebas pada kulit terluarnya ( ingat-ingat pelajaran kimia...). Pasangan elekton bebas ini dapat berikatan dengan lemak, protein, karbohidrat maupun DNA tubuh sehingga menyebakan timbulnya penyakit.

Efek oksidatif radikal bebas ini dapat menyebabkan peradangan dan penuaan dini. Lipid (lemak) yang seharusnya menjaga kulit agar tetap segar berubah menjadi lipid peroksida karena bereaksi dengan radikal bebas sehingga mempercepat penuaan.
Istilah radikal bebas sangat erat kaitannya dengan antioksidan. Antioksidan adalah suatu senyawa yang berperan sebagai penghambat oksidasi dengan cara bereaksi dengan radikal bebas reaktif membentuk radikal bebas tak reaktif yang relatif stabil.

Konsumsi antioksidan ini akan menghambat kerja radikal bebas dalam menyebabkan penyakit. Dari satu sumber disebutkan bahwa stres dan ketidakstabilan emosi dapat pula mengurangi efektivitas pemanfaatan antioksidan di dalam tubuh, sehingga orang-orang yang rentan terhadap stres cadangan antioksidannya pun makin berkurang.

Stress yang Hubban alami sangat mungkin merupakan penyebab timbulnya keriput, namun tampaknya waktu 1,5 bulan tidaklah cukup untuk mengakibatkan keriput seperti yang Hubban alami, apalagi menurut cerita Hubban, keriput ini melibatkan seluruh bagian tubuh.
Mungkin ada faktor lain yang berpengaruh seperti saat stres juga terjadi penurunan berat badan yang drastis.

Menjawab pertanyaan apakah kulit Hubban dapat kencang lagi, menurut saya, umur yang masih 16 tahun tidaklah menjadi masalah untuk memperbaiki kondisi kulit seperti semula, karena pada usia muda, jaringan ikat kolagen dan elastin kulit masih baik sehingga regenerasi kulit masih berjalan baik. Yang diperlukan agar kulit dapat kembali kencang adalah merubah pola hidup dengan cara berfikir optimis, menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan stres datang kembali, memakan makanan sehat yang mengandung banyak antioksidan, menghindari rokok dan alkohol, tidur yang cukup, minum banyak air putih, serta berolahraga secara teratur.

Sebagai tambahan, pola makan yang sehat untuk mencegah penuaan dini adalah dengan mengurangi ngemil dan menjaga berat badan agar tidak berlebihan. Antioksidan banyak ditemukan pada makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel, vitamin C ( banyak ditemukan pada buah-buahan jeruk, jambu biji, anggur, pisang, apel, kiwi, serta sayuran tomat dan brokoli) dan juga vitamin E ( terdapat pada kacang-kacangan, gandum, biji-bijian dan sayuran berwarna hijau tua).

Mudah-mudahan jawaban saya mudah dimengerti dan dapat membantu Hubban mengatasi masalah yang Hubban hadapi.
Yang penting lupakan stres yang sempat mengganggu.

Bila saran-saran di atas telah dilakukan namun hasilnya tidak memuaskan, ada baiknya mengkonsultasikan hal ini kepada dokter kulit.

Mohon maaf atas segala kekurangan.


(Dr. Meccarania Dila Mutiara )

6 comments:

Anonymous said...

Saya mau tanya dok, ada seseorang yang mempunyai kulit wajah yang sangat tipis sekali, padahal umurnya baru 14 th, apa bisa kulit wajahnya menjadi tebal seperti anak seusianya dok....??


# tolong dijawab ya dok,
saya tunggu.....
terimakasih....

Unknown said...

Dok umur saya 20 tahun,kulit tangan saya keriput dok.seperti nenek2 gitu.hehehe
Itu solusinya gimana y dok?
Selain makanan apa ada obat untuk menghilangkan keriput di tangan?
Mohon di jawab y dok
Trimakasih

Unknown said...

Dok umur saya 20 tahun,kulit tangan saya keriput dok.seperti nenek2 gitu.hehehe
Itu solusinya gimana y dok?
Selain makanan apa ada obat untuk menghilangkan keriput di tangan?
Mohon di jawab y dok
Trimakasih

Unknown said...

maaf dok saya mau tanya apakah ada hubungan antara penuaan din pada kulit akibat sering terpaparnya pendingin ruangan.mohon bantuannya sebagai referensi tugas akhr saya mengenaii hal tersebut. mungkin bsa dikirim lewat email saya sriulandari73@gmal.com. terimakasih

Anonymous said...

Dok umur saya 20tahun tapi kenapa ya ketika saya tersenyum terlihat berkerut. adakah solusinya dok? untuk membuat wajah terlihat kencang lagi?

wa grup terbaru 2020 said...

Dok umur saya 100 tahun mau kawin lagi bisa gk ,,?