Pages

Friday, May 21, 2010

Vagina perih

Dear dokter yg baik,

Saya loni, 26 tahun, dengan 2 orang anak. saya melahirkan anak pertama dan kedua dengan normal. anak kedua saya sekarang usia 4 bulan. Saya hanya menggunakan alat kontrasepsi kondom. Yang ingin saya tanyakan :

1. Kenapa setiap saya basuh vagina dengan air ada rasa sedikit perih? sekedar
tambahan info, dirumah kami menggunakan tissue toilet untuk buang air besar atau
pipis.

2. Apakah ada hubungannya dengan jahitan disekitar vagina? menurut
dokter saya jahitan tersebut tidak ada masalah. tapi saat melahirkan anak
pertama, saya tidak mengalami perih apabila dibasuh dengan air.

Mohon tanggapan dari dokter,
Terima Kasih.

- Ioni -Â

Jawab:

1. Rasa perih biasanya timbul karena ada lapisan yang mengalami lecet/ terkelupas. Ada beberapa bagian di dinding vagina yang mengalami lecet, besar kemungkinan disebabkan oleh usapan kertas tisu yang terlalu kuat sehingga mengelupaskan sel epitel permukaan dinding vagina.  Â


2. Sepertinya tidak ada hubungannya dengan bekas jahitan, karena ibu tidak mengeluh 'sakit waktu senggama' (kecuali disimpan dalam hati :) ). Bekas jahitan sering menyebebkan rasa sakit dan tidak nyaman saat senggama (dispareuni), bukan rasa perih waktu dibasuh dengan air.

dr. Naf'an Akhun

No comments: