Pages

Tuesday, May 11, 2010

Nyeri Perut di kanan bawah

Hallo Dr,

Saat ini saya sering sakit perut pada bagian kanan bawah, rasanya seperti di sayat2 sebelumnya apabila saya memakan yang sedikit pedas selalu terasa nyeri... dan rasa panas ke bagian pinggang belakang sebelumnya pada th 2004 bulan april saya menjalani operasi usus buntu, apakah operasi tsb yang menyebabkannya..? soalnya kok tdk berubah pada saat sebelum menjalani operasi usus buntu.
Mohon jawabannya ya dokter... dan apakah seharusnya saya berobat kembali?

Terima kasih

-Leli-

Jawaban : Â

Sdri Leli, pada wanita, nyeri perut kanan bawah bisa disebabkan dua hal. Dari alat pencernaan dan alat reproduksi. Untuk alat pencernaan mungkin lebih kecil kemungkinannya karena pada April 2004 Saudari sudah menjalani operasi usus buntu. Nyeri pasca operasi biasanya hanya terjadi sampai beberapa minggu sampai beberapa bulan setelah operasi kecuali memang terjadi komplikasi pasca operasi (itupun agak kecil kemungkinannya, karena biasanya gejalanya ada demam, nyeri terus-menerus, dan tidak mungkin sampai bertahun-tahun seperti ini).

Kemungkinan kedua adalah dari alat reproduksi. sayangnya tidak disebutkan berapa usia Sdri Leli, sudah menikah/belum. Alat reproduksi yang berada di kanan bawah adalah ovarium atau indung telur. Biasanya keluhan di bagian tersebut ditandai dengan nyeri ketika haid, haid tidak lancar,sifat nyeri tajam seperti disayat-sayat.

Saran saya, apabila Sdri Leli tidak merasa ada keluhan berhubungan dengan haid, kembalilah ke dokter tempat Saudari melakukan operasi. Konsultasi ulang dengan beliau akan lebih memudahkan karena sudah pernah ada rekam medis sebelumnya.
Atau kalau Saudari merasa memang ternyata ada keluhan yanng berhubungan dengan haid, konsultasi ke dokter spesialis kandungan mungkin lebih membantu.
Sukses buat Anda..

- Dr. Fatimah.P

No comments: