Pages

Tuesday, June 5, 2012

Ibu Mertua yang Selalu Gelisah dan Jalan di Malam Hari

Mertua perempuan saya usia 69 tahun mempunyai penyakit susah tidur dan selalu berbicara tentang dirinya yang selalu menyusahkan orang lain, malu bila bertemu orang lain dan merasa semua orang tidak menyukai dia.

Pada jam 20.00 ia mulai tidur dan kira-kira jam 21.30 bangun dan tidak bisa tidur lagi sampai pagi. Selama tidak tidur, beliau berjalan-jalan di dalam rumah tanpa bisa dicegah walaupun sudah merasa lelah dan kakinya sakit tapi tetap saja beliau berjalan. Alasannya kakinya yang mau berjalan sendiri.

Bagaimanakah cara mengatasinya dokter? Dan apabila dibawa ke dokter, dokter apa spesialis apa? Terimakasih.

Indra W (Pria Menikah, 37 Tahun), indra.XXXXX@gmail.com
Tinggi Badan 170 Cm dan Berat Badan 75 Kg

Jawaban

Keinginan untuk berjalan mondar-mandir, bisa karena adanya kecemasan atau kegelisahan. Dengan berjalan, maka sebagian kecemasan atau ketegangan dapat dilepaskan.

Bisa juga karena adanya penyakit Parkinson, dimana tangan bisa gemetar dan kaki bergerak terus, biarpun tidak berjalan. Kalau sedang berdiri juga tidak bisa diam, tapi kaki bergerak seperti jalan di tempat.

Untuk memastikan penyebabnya, bisa diperiksa ke dokter jiwa untuk mengurangi dan mencari penyebab kegelisahan. Penyakit Parkinson bisa juga disebabkan oleh pemakaian obat-obatan dalam jangka waktu yang lama.

Dr. Elly Ingkiriwang, SpKJ

No comments: