Pages

Tuesday, June 5, 2012

Pria yang Benci dan Takut Melihat Perhiasan Wanita

Dok, aku punya masalah unik yang menjadi problem saya selama ini. Begini dari sejak kecil aku sangat anti dan membenci barang perhiasan yang dipakai perempuan seperti kalung, cincin, anting dan lainnya yang dipakai wanita.

Padahal aku dah pingin sekali melangsungkan pernikahan, setahu saya semua wanita hampir selalu mengenakan barang yang aku takuti tersebut. Sampai kalau aku sedang makan dan di meja depanku ada barang-barang tersebut selera makan saya langsung berkurang. Adakah terapi untuk bisa takut pada perhiasan dan aksesoris. Terimakasih sebelumnya atas jawaban dokter.

Styawan (Pria Lajang, 33 Tahun), masXXXXXXX@gmail.com
Tinggi Badan 168 Cm dan Berat Badan 68 Kg

Jawaban

Mas Styawan.
Benar juga, kalau yang dihadapi itu masalah yang unik. Benci dengan barang-barang perhiasan wanita. Untung saja tidak sampai benci dengan pemakainya ya?

Untuk terapinya, sama saja dengan terapi pada orang-orang yang phobia terhadap barang-barang tertentu, yaitu terapi desensitisasi.

Jadi mas Styawan bisa minta pacarnya hanya memakai perhiasan yang kecil dan minimal, misalnya anting-anting kecil saja. Baru kemudian pakai cincin yang sederhana, meningkat perlahan ke gelang sampai akhirnya kalung.

Jadi mulai dengan ukuran yang kecil, apabila sudah tidak benci, baru meningkat ke ukuran yang besar. Atau mas, bisa mulai dengan hanya melihat foto perhiasan saja, kalau sudah tidak benci baru melihat ke perhiasan sebenarnya, dan yang dipakai perempuan. Selamat berlatih, ya.

Dr. Elly Ingkiriwang, SpKJ

No comments: