Pages

Friday, July 13, 2012

Gangguan Panik yang Menyiksa

Dokter, saya mengalami panic disorder. Menurut dokter SpKj yang menangani saya hampir 6 bulan, saya terus mengkonsumsi obat yang sama.

Yang mau saya tanyakan sampai kapan saya harus minum obat terus? Dan adakah efek samping dari obat yang saya minum? Apakah penyakit panic disorder ini bisa sembuh? Karena sungguh sangat menganggu aktivitas saya dalam sehari-hari. Terimakasih atas bantuannya dokter.

Dhany (Pria Menikah, 30 Tahun), dhanXXXXXXXXX@gmail.com
Tinggi Badan 173 Cm dan Berat Badan 65 Kg

Jawaban

Dear Pak Dhany,

Panik disorder tentu bisa sembuh, biarpun kadang-kadang bisa kambuh lagi. Supaya bisa sembuh, Pak Dhany selain minum obat teratur untuk jangka waktu tertentu, juga harus latihan relaksasi agar lebih santai.

Panic disorder yaitu ketakutan yang terjadi pada situasi apapun yang menyebabkan serangan panik. Jika objek yang ditakuti mudah untuk dihindari, maka seseorang merasa tidak perlu mencari perawatan khusus. Namun, ketika sudah mengganggu kualitas hidup seseorang, maka sudah membutuhkan perawatan

Obat yang dokter berikan ke Pak Dhany tentu sudah dipertimbangkan baik-baik oleh dokter bahwa obat tersebut lebih banyak manfaatnya dibandingkan efek sampingnya.

Biasanya efek samping terjadi karena pasien membeli obat itu sendiri, tanpa sepengetahuan dokternya, dan mengkonsumsi obat tersebut untuk waktu yang lama, tanpa pengawasan dokter dan tidak tahu kapan harus menghentikannya.

Dr. Elly Ingkiriwang, SpKJ

1 comment:

Unknown said...

Salam sehat jiwa ,
Nama saya yudith dok,saya ingin bertanya tentang gangguan yg saya derita. Awal cerita saya terkena gastritis asam lmbung naik krn telat makan tp kopi dan rokok gak brenti2. Selama saya sakit semingguan krg lbh saya merasakan sensasi rasa takut mati atau perasaan seolah akan mati dok,cemas berlebihan dan gelisah krn pikiran2 saya yg negatif. Setelah lambung sudah agak baikan walau kdang msh kurang nyaman perutnya perasaan itu tetap ada, gejalanya:
1.perasaan takut mati or seolah akan mati
2.perasaan cemas berlebihan dan gelisah
3.kaki dan tangan dingin
4.kl rasa itu dtg perut sya kurang nyaman
5.perasaan spt tercekik dok kl rasa itu sdg dtg smp2 saya lelah ktika berbicara panjang
6.bawaannya dingin dok tp kl saya paksakan lawan jd tdk dingin
7.kepala nggliyer dok
8.perasaan aneh dan asing spt bukan saya
Dll
Saya srg tdr pagi dan sblm tdr kdang sk memikirkan hal yg aneh2 sehingga takut sendiri dan saya sring dikmr sndirian dan tdk ada aktivitas ,tp anehnya ketika saya sdg di tmp yg sya suka bgt spt pantai perasaan itu tidak berasa dan hampir hilang tp ktika saya kmbali ke rmh dan ke kmr perasaan itu dtg lg. Saya juga kerap menahan emosi yg besar dan kekecewaan di dlm hati smpe saya nyesek gt.
Yg mau saya tanyakan apakah yg saya rasakan ini merupakan gangguan panik dan kecemasan berlebihan? Jika iya bagaimana penyembuhannya? Apakah ada yang membuka praktek untuk penyembuhannya?

Terima kasih
Mohon pencerahannya
Semoga Tuhan memberkati kita semua