Friday, November 16, 2012

Kista Sembuh Setelah Melahirkan?

Saya menderita endometrius dan ada kista. Pernah konsultasi ke dokter kandungan, katanya kista saya bisa sembuh ketika melahirkan. Apa itu benar? Apa setelah saya punya anak menjamin penyakit tersebut sembuh 100 persen? Terimakasih.

Nama :syifa (Wanita Lajang, 24 Tahun), syifa_karliyana@yahoo.co.id


Jawaban

Perlu dipahami bahwa kista endometriosis yang diderita berkaitan erat dengan siklus menstruasi dan hormon estrogen. Dampak dari endometriosis sendiri adalah nyeri hebat saat haid dan jika berlanjut bisa berdampak pada kesuburan dan kemungkinan terjadi kehamilan.

Prinsip pengobatan adalah dengan 'mengistirahatkan' rahim dari siklus haid selama kurang lebih enam bulan dengan menggunakan obat GnRH antagonis melalui pemberian terapi hormonal.

Jika Ibu mengandung tentu akan membantu proses penyembuhan endometriosis karena haid akan berhenti selama mengandung (sembilan bulan atau lebih).

Saat ini bedah teropong atau laparaskopi menjadi pilihan utama untuk diagnostik dan terapi endometriosis secara pasti. Memang hingga sekarang, penyakit ini belum dapat disembuhkan 100 persen. Akan tetapi dengan terapi obat dan operatif, angka kesembuhan dapat meningkat. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan untuk lebih jelasnya.

dr.Dhely Lesthama.SpOG

No comments: