Pages

Saturday, November 10, 2012

Nyeri Dada Setelah Bersepeda

Dok, saya mau bertanya sedikit masalah dengan dada saya. Berhubung saya gemar bersepeda pada malam hari, setelah bersepeda saya sering merasakan nyeri di dada sebelah kiri bila menarik napas panjang, kemudian di saat rileks terkadang rasa nyeri suka muncul kembali. Apakah itu berhubungan dengan jantung atau hanya nyeri biasa? Saya memang belum berkonsultasi ke dokter manapun. Terimakasih.

Xcelerate (Pria Lajang, 19 Tahun), justXXXX@gmail.com
Tinggi Badan 168 Cm dan Berat Badan 65 Kg

Jawaban

Nyeri dada yang khas pada penyakit jantung umumnya terjadi pada saat aktivitas seperti olahraga atau kegiatan sehari-hari lain misalnya naik tangga, jalan kaki dan sebagainya. Nyeri dada itu biasanya akan berkurang atau menghilang bila kita menghentikan aktivitas.

Mengapa terjadi seperti itu?
Karena pada saat kita berolahraga atau melakukan kegiatan lain, tubuh kita membutuhkan suplai darah yang semakin bertambah sehingga jantung kita pun harus bekerja lebih berat lagi dan bila suplai darah ke sel-sel jantung kurang atau terganggu maka akan menimbulkan nyeri dada.

Dalam kasus ini nyeri dadanya muncul setelah selesai bersepeda dan dirasakan bila menarik napas panjang, kemungkinan bukan disebabkan penyakit jantung.

Apakah sudah cukup pemanasan atau warming up yang dilakukan? Bila belum, lakukanlah pemanasan yang cukup sebelum berolahraga sehingga otot-otot menjadi relaksasi dan tidak mudah menjadi tegang atau kram. Bila keluhan masih tetap ada atau makin bertambah, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Dr. Roy Christian, SpJP

No comments: