Pages

Monday, March 11, 2013

Jari Telunjuk Pecah-pecah dan Memerah

Dok, saya mau nanya jari telunjuk kiri saya pecah pecah dan merah, tetapi tidak gatal atau sakit dan hanya saja perih pada saat saya potong bawang dok. Saya mau tahu apa obat dan kenapa jari tangan aku bisa seperti ini dan apa penyebabnya? Terimakasih dok.

Boo Laramie (Pria lajang, 23 tahun)
wito_XXXXX@hotmail.com
Tinggi badan 176 cm, berat badan 68 kg

Jawaban

Salam Boo,

Kulit jari tangan kering pecah dan meradang merah biasanya karena iritasi berulang. Hal ini bisa terjadi akibat kontak dengan bahan kimia yang mengikis perlindungan kulit dalam jangka panjang atau sering. Bahan kimia dimaksud misalnya deterjen, sabun pencuci piring dll. Untuk dapat sembuh maka perlu Boo pikirkan kebiasaan apa yang Boo lakukan selama ini yang sekiranya memperparah kondisi ini. Pengobatan sementara bisa dengan pelembab yang berminyak misalnya dengan mengoleskan petroleum jelly.

dr. Eddy Karta, SpKK

No comments: