Saturday, June 14, 2014

Kapas Bekas Luka Dikerumuni Semut dan Luka Suami Lama Sembuh, Kenapa?

Pagi Dok saya mau tanya, suami saya kan terluka darah di kapas bekas bersihkan lukanya dikerumuni semut dan lukanya lama sembuh. Terus sering sekali terkena bisul. Kira-kira kenapa ya? Pengobatannya bagaimana dan langkah apa yang harus saya tempuh Dok? Terimakasih.

Yani Suryani (Perempuan menikah, 22 tahun)
yanisuryaniXXXXX@gmail.com
Tinggi badan 158 cm, berat badan 48 kg

Jawaban

Dear Ibu Yani Suryani yang dirahmati Allah SWT, terimakasih atas kepercayaannya kepada kami. Kami merasa turut berempati dan bersimpati atas kondisi suami Ibu, semoga lekas diberiNya kesembuhan. Amin 3x.

Ada kemungkinan darah tersebut berasa manis, sehingga dikerumuni semut. Kondisi tersebut perlu dipastikan dengan periksa kadar gula darah (glukosa) sewaktu dan glukosa puasa. Kemudian tentang luka yang lama sembuh, ada banyak kemungkinannya, misal: penurunan daya tahan tubuh, ada faktor penyulit, ada infeksi sekunder, proses infeksi telah menjalar ke organ lain, masa penyembuhan sedang berjalan/berlangsung, ada penurunan faktor pembekuan darah, ada gangguan hemostasis/pembekuan darah, dsb. Tentang mudah terkena bisul, ada kemungkinan dikarenakan penurunan daya tahan tubuh, faktor beban psikologis/kejiwaan, stres, kelelahan, dsb.

Untuk pengobatannya, langkah awal tentunya membersihkan (desinfeksi) daerah luka dengan obat merah/betadine/povidone iodine. Lebih baik lagi bila dilakukan debridement (pembuangan jaringan yang mati, pembersihan infeksi, agar cepat terjadi pemulihan/penyembuhan). Kemudian sebaiknya segera dikonsultasikan ke dokter umum atau dokter keluarga atau puskesmas terdekat.

Demikian penjelasan ini, semoga memberikan solusi.

Salam sehat dan sukses selalu!

Dokter Dito Anurogo

No comments: