Pages

Thursday, October 9, 2014

Solusi Bibir Bengkak dan Pecah Hingga Berdarah

Dokter, saya mengalami hal yang belum pernah saya alami sebelumnya. Saat bangun tidur tiba-tiba bibir saya membengkak dan bercak-bercak putih seperti mengeluarkan nanah. Setelah saya ke puskesmas, saya diberi albothyl untuk diteteskan ke bibir saya, lukanya sekarang sudah cukup kering tetapi masih suka mengeluarkan darah dan pecah-pecah. Solusi terbaik yang harus saya lakukan bagaimana Dok?

Vanie (Perempuan lajang, 17 tahun)
vaniieXXX@gmail.com
Tinggi badan 155 cm, berat badan 40 kg

Jawaban

Dear Vanie yang dirahmati Allah SWT, terimakasih atas kepercayaannya kepada kami. Langsung saja kita menuju ke pokok permasalahan, ya.

Mencermati keluhan di atas, ada kemungkinan Vanie terkena sariawan yang disertai dengan penyakit/infeksi sekunder lain. Solusinya: pemberian Albothyl dapat dilanjutkan, pertinggi daya tahan tubuh dengan perbanyak konsumsi buah dan sayur segar (boleh dijus), konsumsi multivitamin (termasuk vitamin B kompleks, C, dan E), hindari makan/minuman yang beraroma tajam/pedas atau terlalu panas, hindari stres dan terlalu lelah, hindari kerja lembur, luangkan waktu untuk relaksasi serta rekreasi bersama keluarga atau sahabat, lakukanlah olahraga secara rutin dan teratur minimal 30 menit setiap harinya, tingkatkan spiritualitas (dengan memperbanyak berdoa dan beribadah), pemberian pelembab bibir (moisturizer) haruslah atas rekomendasi dokter. Bila dalam waktu 3-4 hari belum ada tanda-tanda kesembuhan atau perbaikan, maka segeralah berkonsultasi ke dokter keluarga.

Demikian penjelasan ini, semoga memberikan solusi.

Salam sehat dan sukses selalu.

Dito Anurogo

No comments: