Pages

Tuesday, April 19, 2016

Susah Dapat Momongan, Karena Pakai Pembersih Kewanitaan?

Dok, kami sedang merencanakan kehamilan dan sudah berjalan tiga bulan saya tak kunjung mendapat kabar gembira. Menurut suami saya ini dikarenakan saya menggunakan sabun pembersih Miss V. Karena saya memang mengalami keputihan hebat dan semenjak menggunakan sabun pembersih keputihan saya berkurang. Mohon pencerahannya Dok.

M (Perempuan, 26 tahun)

Jawaban

Terjadinya kehamilan ditentukan oleh bertemunya sel jantan (spermatozoa) suami dengan sel telur Anda (ovum) saat Anda pada masa subur. Di samping itu, kualitas spermatozoa suami (jumlahnya, bentuknya, geraknya) harus juga prima. Diimbangi oleh sel telur Anda yang normal, tidak ada kelainan.

Pembersihan vagina yang Anda lakukan dengan sabun pembersih, agaknya membantu mengurangi keputihan Anda. Yang harus diperhatikan bila melakukan pembersihan (bilas vagina), yaitu jangan sampai mengubah kondisi alamiah flora vagina. Karena, akan memicu timbulnya infeksi vagina seperti vagininitis candida, vaginosis bakterialis dan trikomoniasis vagina.

Disarankan agar Anda dan suami berkonsultasi dengan klinik fertilitas, hingga upaya untuk cepat memperoleh momongan, bisa dilakukan secara efektif dan efisien.

Dr. Andri Wanananda MS

No comments: