Pages

Wednesday, April 22, 2009

Kesehatan Umum Pria dan Wanita

Perasaan tak enak badan

Kadang-kadang mungkin Anda merasakan tidak enak badan tanpa bisa menjelaskan apa dan dimana rasa yang mengganggu itu. Umumnya, itu adalah akibat suatu infeksi ringan atau cara hidup yang tidak sehat; namun bisa juga merupakan gejala dari sebuah problem serius yang memerlukan perawatan medis.

Keletihan

Pelajari diagram ini bila Anda merasa sering letih dan lesu pada siang hari atau bila Anda lebih banyak tidur dari biasanya. Kelesuan adalah suatu gejala umum dari berbagai kelainan, ada yang ringan dan ada yang memerlukan perawatan medis. Rasa mengantuk berat yang timbul mendadak adalah suatu tanda yang serius dan memerlukan perhatian medis dengan segera.

Kehilangan berat badan

Naik turunnya berat badan beberapa kilogram akibat perubahan porsi olah raga yang dilakukan atau makanan yang dimakan adalah wajar. Tetapi bila itu terjadi tanpa sebab, apalagi bila disertai hilangnya nafsu makan atau tanda-tanda lain, umumnya sudah memerlukan perhatian medis. Pelajari diagram ini jika berat badan Anda susut sampai lebih dari 4,5 kg dalam jangka waktu 10 minggu atau kurang atau bila ada salah satu dari gejala-gejala berat badan yang disebut dihalaman ini.

Kegemukan

Biasanya, banyaknya lemak tubuh berkisar antara 10-20% dari berat badan pria dewasa, dan kira-kira 25 persen pada wanita dewasa. Lebih dari itu, selain tak perlu dan tak sehat, menambahkan risiko terserang penyakit DM, tekanan darah tinggi dan arthritis. Umumnya berat badan ideal seseorang tercapai pada usia remaja dan berangsur-angsur bertambah dengan bertambahnya usia, mencapai puncaknya pada sekitar 50 tahun. Pelajari diagram ini jika berat badan melebihi berat yang sehat untuk tinggi badan sesuai atau jika bisa mencubit daging setebal lebih dari 5 cm di perut Anda. Umumnya pertambahan berat badan hanya terjadi bila makan lebih dari yang diperlukan, dan dapat diatasi dengan diet yang seimbang, tapi kadang-kadang penambahan berat badan juga akibat adanya alasan medis.

Susah tidur

Adalah hal biasa bila sesekali anda mengalami sulit tidur di malam hari, dan hal seperti ini tidak perlu dicemaskan. Pelajari diagram ini jika Anda selalu sulit tidur atau sering terbangun dimalam hari atau bangun kepagian-suatu gangguan yang sering disebut sebagai insomnia.


4 comments:

Anonymous said...

Saya mau tanya knp haid saya akhir2 ini kurang lancar?
dahulu kalau lagi menstruasi sebulan itu dapet paling cepet 7 hari, 4-5 hari masa deras, hari ke 7-8 masa kering...
setahun ini jika saya menstruasi paling lama dapet 5-6 hari, dengan masa deras max 3hari...
yang mau saya tanyakan apa penyebabnya? bagaimana cara mengatasinya agar kembali normal? dan apakah akan ada dampak negatif?
trims..

Anonymous said...

Dokter, saya mau tanya...
umur saya sekarang 22 tahun,..
Dulu waktu saya kecil, pernah meminum pil KB ibu saya tanpa disengaja..
apakah akan ada dampak negatif pada kandungan saya kelak??
saya takut terjadi apa - apa nantinya, karna semakin lama datang bulan saya semakin tidak lancar,..
tolong dokter jelaskan secara jelas...
trimakasi..

Anonymous said...

ada post dilaman ini yg menyatakan kegemukan bisa diakibatkan alasan medis...saya punya kasus yg terjadi pada kakak laki2 saya. Tahun ini (2011) akan berumur 50 tahun, sudah 10 tahun belakangan ini badannya semakin gemuk (lebih cenderung membengkak). Hasil pemeriksaan dokter kolesterol, darah tinggi, dll masih dalam batas normal, dan memang porsi makan kakak saya juga normal dan tidak berlebihan. Menurut dokter ada kelainan hormon yg menyebabkan penumpukan lemak yg membuatnya jadi gemuk sekali (hampir 200kg). Saya ingin tanya dimana bisa konsultasi dengan dokter ahli hormon untuk membicarakan lebih lanjut kasus kakak saya. Terima kasih.

teti jatnika said...

Dok saya mau tanya, bapak saya saat ini kena penyakit susah buang air besar, tetapi bukan sembelit, dokter disini setiap kali bapak saya berobat cuma memberikan obat pencahar, tapi kata bapak habis minum obat itu dia langsung mau BAB, tetapi tetap aja tidak bisa keluar, sekarang perutnya jadi besar banget. gimana ya dok solusinya? riwayat penyakit bapak saya sih beliau pernah kena penyakit tetanus dan prostat. kira2 obatnya apa ya dok?