Pages

Thursday, July 2, 2009

Solusi Sehat Pada Rasa Sakit

Nyeri dada

Nyeri di dada ( daerah diantara leher dan dasar rongga dada) bisa berbentuk samar dan menetap, atau tajam menusuk, atau terasa sesak. Walau mencemaskan, kebanyakan nyeri dada tidak disebabkan oleh sesuatu yang serius. Tetapi nyeri hebat dan sesak ditengah dada atau yang disertai dengan sesak nafas atau jantung berdebar, dapat merupakan gejala adanya kelainan serius pada jantung atau paru-paru dan mungkin memerlukan perawatan darurat.

Nyeri punggung

Tulang belakang memenjang dari dasar tengkorak ke tulang ekor. Juga dikenal sebagai tulang punggung (spinal column) ia terdiri dari 30 buah tulang yang disebut vertebrae, yang saling bertumpu satu sama lain. Diantara setiap pasangan vertebrae terdapat suatu cakram lentur. Vertebrae dan cakram tesebut diikat oleh ligamen. Dalam tulang punggung terdapat rongga yang terisi sumsum tulang belakang dan syaraf yang menyebar keluar ke bagian lain tubuh. Banyak orang yang sesekali menderita nyeri punggung ringan, yang penyebabnya sukar didiagnosa. Nyeri punggung umumnya menunjukan adanya kerusakan persendian, ligamen atau cakram oleh peregangan yang melampaui batas atau oleh putaran punggung ke posisi sulit. Tetapi nyeri yang hebat bisa terjadi akibat syaraf tertekan oleh tulang punggung yang tidak lurus, dan hal ini perlu mendapat perhatian medis.

Leher nyeri atau kaku

Leher terasa kaku atau nyeri umumnya disebabkan kekakuan otot akibat duduk ditempat dingin, tertidur pada posisi yang tidak nyaman, atau melakukan olah raga atau gerakan yang tak biasa dilakukan. Gejala seperti ini bisa membaik sendiri dalam beberapa hari. Bila rasa nyeri dan/atau kaku tak mau hilang atau semakin bertambah, mintalah nasihat dokter;mungkin diperlukan perawatan medis.

Nyeri dilengan

Nyeri pada lengan hampir selalu disebabkan oleh cedera atau regangan otot dan ligamen yang menopang berbagai tulang dan sendi supaya tetap ditempatnya. Cedera semacam itu biasanya muncul setelah kegiatan fisik berat yang tidak biasa, seperti olah raga untuk pertama kali setelah absen bertahun-tahun. Nyeri biasanya hilang bila lengan diistirahatkan. Namun bila nyerinya sering kambuh atau tak segera hilang, sebaiknya periksalah ke dokter.

Nyeri di kaki

Nyeri atau ketidaknyamanan di kaki hampir selalu disebabkan oleh cedera atau peregangan otot dan ligamen yang mengikat berbagai sendi agar tetap ditempat. Cedera seperti ini biasa terjadi bila melakukan gerakan yang tidak biasa dilakukan, seperti berolahraga untuk pertama kali setelah absen beberapa tahun. Nyeri atau keluhan semacam ini biasanya hilang bila kaki diistirahatkan.

Masalah-masalah pada kaki

Masalah dengan kaki jarang timbul sebagai akibat dari kelainan utama atau penyakit yang serius. Kebanyakan masalah kaki adalah akibat dari luka atau kegagalan untuk menjaga kaki dengan baik. Pelajari diagram ini bila terasa nyeri, iritasi, atau gatal-gatal pada kaki Anda atau bila terjadi sesuatu perubahan bentuk kaki.

Persendian nyeri atau bengkak

Sendi adalah penghubung antara 2 tulang atau lebih dan biasanya memungkinkan terjadinya gerakan. Tingkat dan jenis gerakan yang dapat dilakukan tergantung pada struktur sendinya. Sendi-sendi utama, seperti pinggul, lutut, dan siku mengalami keausan dan regangan yang tetap, sehingga ketidaknyamanan bisa muncul setiap saat. Tetapi nyeri yang hebat, pembengkakan atau pembatasan gerakan mungkin merupakan akibat kerusakan tulang atau jaringan lunak karena cedera, atau bisa juga adanya kelainan besar pada sendi atau sistem rangka. Pelajari diagram ini bila Anda nyeri, kekakuan dan/atau pembengkakan yang cukup lama didalam atau disekitar sendi.

Nyeri lutut

Lutut adalah salah satu sendi utama pemikul berat badan dan banyak menjadi korban keausan dan regangan pada orang dengan keaktifan sedang. Resiko aus dan cedera semakin besar bila pekerjaan seseorang banyak melibatkan pelipatan lutut atau berjongkok. Pelajari diagram ini bila Anda mengalami nyeri pada salah satu atau kedua lutut.

2 comments:

akviany said...

Dok, di leher kiri saya ada benjolan, sampai sekarang sudah 7 hari, saya sempat periksa ke dokter umum katanya saya terkena radang kelenjar getah bening (limfadenitis). berdasarkan pengalaman seorang sepupu perempuan saya, dia harus berobat setahun lamanya dan akhirnya menjalani operasi yang biayanya cukup besar. yang ingin saya tanyakan : apakah benjolan ini bisa hilang dengan sendirinya? apakah saya dapat sembuh? apakah ada jalan kesembuhan alternatif bagi limfadenitis ini selain operasi? soalnya saya takut bgt dioperasi. apa ada ramuan jamu yang dapat menjadi alternatif bagi pengobatan saya? berapa lama kira-kira saya dapat sembuh dari penyakit ini? trims banyak dok. mohon jawaban nya di reply kan juga ke e-mail saya akviany@gmail.com.

Anonymous said...

permisi, dok. Saya wanita, 14 tahun. Akhir-akhir ini leher saya agak sakit karena lelah. Sewaktu saya bercermin, leher saya agak bungkuk ke depan. Saya mengira itu kifosis. Lalu bagaimana, Dok cara penyembuhannya? Trimakasih sebelumnya.