Pages

Wednesday, July 1, 2009

Haid Tidak Teratur Setelah Melahirkan

Yth,Tim Dokter
Saya wati seorang ibu rumah tangga berumur 26 tahun,saya pernah menanyakan tentang masalah saya ini tapi belum di jawab mohon dokter segera menjawabnya karena saya sangat bingung dengan masalah saya ini.Masalah saya ialah,selalu terlambat haid selama 2 himgga 3 minggu itu terjadi selepas saya melahirkan anak saya yang pertama sampai sekarang anak saya sudah berumur 10,5 bulan.
-Wati-

Jawaban:
Ibu Wati ykh

Apakah saat ini Ibu masih menyusui bayi Ibu ?, apakah Ibu memakai alat kontrasepsi ? kontrasepsi jenis apa? suntik atau pil?.
Penyebab dari haid Ibu yang tidak teratur kemungkinan pertama adalah adanya ketidakseimbangan hormonal. Bila Ibu masih menyusui, berarti kadar hormon prolaktin Ibu dalam darah akan tinggi, hal ini akan menekan hormon estrogen hal ini bisa membuat menstruasi Ibu tidak teratur, pemberian suntik KB, atau pemakaian KB suntik yang tidak mengganggu proses menyusui biasanya terbuat dari progesteron, penggunaan dari progesteron dapat membuat proses menstruasi terhambat.
Banyak faktor yang bisa membuat haid Ibu tidak teratur, ada baiknya Ibu memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan untuk mendapatkan jawaban yang lebih pasti.

(Dr. Cahyo Adi Nugroho)

No comments: