Pages

Saturday, August 15, 2009

PTERIDIRIUM

slmt mlm dok.
nama saya toni.
begini dok saya pnya masalah dengan mata saya.kurang lebih 4 bulan yang lalu,..mata saya terasa parih dan setelah itu timbul benjolan di kedua mata diikuti dengan selaput tipis di luar lingkaran hitam mata saya,benjolan itu tumbuh di ujung paling dalam dari masing2 mata saya.tapi setelah saya ke dokter mata,dokter menympaikan klo mata saya masih sehat hnya timbul benjolan yang hnya bisa diadakan operasi stlh umur 40 thn. keluhan yang saya rasakan adalah mata sering merah di malam hari,dan terasa perih apabila naik sepeda motor.
ptnyaan saya
1. apakah saya terkena penyakit katarak ?
2. mohon penjelasan penyakit pteridirium ?
3. makanan apa yang bisa mnymbhkan pnyakit saya dok ?
4. kenapa saya tidak bia dioperasi di bawah umur 40 th dok ?

atas jawabanya saya ucapkan terima kasih.
mohon maaf bila ada kata kata saya yang salah .

Hallo Toni..
Katarak adalah pengeruhan lensa mata?ntuk memastikannya harus diperiksa secara langsung. Tapi kalau dari penjelasan anda, sepertinya kelainan mata anda adalah Pterigium (bukan pteridium).
Pterigium adalah degenerasi dari kolagen dan jaringan fibrous dari konjungtiva mata. Jadi kelainan bukan pada lensa mata (kalau katarak kelainannya ada di lensa).
Sebab timbulnya pterigium ini karena seringnya terpapar debu ataupun angin. Biasa banyak diderita org yg mengendarai motor atau yang pekerjaannya banyak terpapar oleh debu/asap (termasuk asap rokok). Pterigium ini tidak berbahaya, hanya saja dapat menghalangi pandangan anda bila selaputnya lama kelamaan menutupi pupil. Biasa pterigium tidak perlu dioperasi.
Operasi dilakukan bila pterigium telah menghalangi pandangan anda (selaput telah menutupi pupil). Alasan lain dilakukan operasi hanya karena alasan kosmetik saja. Dioperasi pun nantinya bisa saja muncul kembali.
Tidak ada makanan yg bisa menyembuhkan. Hindari debu/asap. Bila mengendarai sepedamotor, gunakanlah kacamata pelindung. Bila mata perih, bisa diberikan tetes mata (sesuai anjuran dokter mata tentunya).
Semoga dapat membantu anda.

No comments: