Pages

Tuesday, March 16, 2010

Koreng Pada Kaki

Assalamualaikum
saya pria 20 th ingin menanyakan masalah yg saya hadapi
saya memiliki keluhan penyakit koreng pada kaki saya penyakit ini sudah ada semenjak saya kecil bentuk koreng tidak kasar dari lutut hingga tumit sekedar informasi bahwa saya memiliki penyakit asma, selain itu di kedua lengan saya tdpt bintik2 merah sdh lama seperti biang keringat saya sudah mencoba memberi bedak purol tp tdk hilangyang ingin saya:
1. adakah obat atau cara penyembuhan yg dapat membersihkan dan menyembuhkan penyakit koreng saya jenis dan nama obat apa yang aman dapat saya konsumsi?
2.apakah ada cara lain obat untuk menghilangkan bintik2 merah pada kedua lengan saya?
saya sangat mengharapkan jawaban dari dokter, jazakallah
Wassalamualaikum

Jawaban:

Wa'alaikum salam warahmatullaahi wabarakaatuuh.

Saudara Ichsan yang terhormat, sangat sulit bagi dokter manapun untuk bisa mendiagnosis suatu kelainan kulit hanya dengan deskripsi kata-kata semata.

Diagnosis penyakit kulit seringkali perlu dilihat dan diraba langsung oleh pemeriksa. Saya khawatir akan memberikan alternatif pengobatan yang salah dan tidak sesuai bila hanya berdasarkan informasi yang telah Saudara berikan. Satu hal yang saya tahu, bahwa tidak banyak penyakit kulit yang diobati dengan obat minum.

Biasanya, penyakit kulit hanya membutuhkan obat topikal (seperti salep, krim, gel, yang dioleskan setempat saja) Hal yang sama berlaku pada bintik-bintik merah di tangan Saudara. Bedak purol dan sejenisnya memang bukan dimaksudkan untuk menyembuhkan/menghilangkan kelainan kulit. Bedak semacam itu merupakan campukan talkum (bahan dasar bedak), menthol (pendingin dan sedikit mengurangi rasa gatal) dan sedikit asam salisilat (bahan kimia yang dalam dosis rendah dapat membantu pertumbuhan kulit baru sekaligus antiseptik)

Penyakit asma yang Saudara alami mungkin tidak berhubungan dengan koreng tersebut, kecuali bila Saudara memiliki alergi terhadap bahan tertentu yang mungkin menimbulkan kelainan pada kulit.
Â
Saran saya, cobalah konsultasikan hal ini ke dokter spesialis kulit secara langsung sehingga dapat diberikan obat yang sesuai. Usahakan untuk mencari dokter yang mau menyediakan waktu bagi pasiennya untuk bertanya sehingga segala kekhawatiran Saudara dapat teratasi.

Demikian jawaban dari saya dan saya minta maaf kalau ternyata jawaban ini kurang memuaskan Saudara.
Â

Wassalamu'alaikum wr.wb

(Dr. Ina Ariani Kirana)

1 comment:

Anonymous said...

Maav dok mo tanya ibu sya kakinya sering sakit klo d sakit sampe susah buat jalan & dingin pd kakinya itu knp y dok...