Pages

Tuesday, February 15, 2011

Gatal-gatal

Assalam'mualaikum wr.wb
Saya Poer, umur 40 Th, sudah hampir 1 tahun ini menderita gatal gatal pada kulit terutama pada bagian perut yang kena tekanan lingkar celana, lipatan paha, paha bagian bawah, telapak tangan, telapak kaki dan kulit kepala. Gatalnya ini seperti orang biduran (bhs. jawa). Gatal-gatal ini tidak terus menerus, tetapi yang paling sering adalah pada waktu sore sampai malam hari. Saya sudah berobat ke dokter kulit sampai ganti dokter 3 kali tetapi belum ada hasil yang memuaskan, karena setiap kali berhenti mengkonsumsi obat, gatalnya timbul lagi. Saat ini saya mengkonsumsi akar pasak bumi dan daun sirih merah yang direbus kemudian airnya diminum, tetapi juga hasilnya belum memuaskan karena kalau sore hari sampai malam masih terasa gatal.
Yang ingin saya tanyakan sakit apa kira-kira saya Dok ? dan obat apa yang bisa menyembuhkan ? Mohon dijawab di email saya karena seminggu yang lalu saya juga menulis pertanyaan yang sama, tetapi belum di Jawab oleh Dokter, Demikian, tks

- Poer-

Wassalam wr.wb

Jawaban : Â

Wa'alaikumsalam...
Pak Poer, dilihat dari keluhan Anda dapat disimpulkan mungkin Anda menderita alergi dingin. Ini merupakan penyakit bawaan dari sistem imun Anda, karena itu tidak akan dapat disembuhkan (sama seperi Asma, alergi makanan).

Dalam bahasa medis kulit Anda termasuk yang mengalami dermografisme. mudah terjadi biduran apabila terkena tekanan (lingkar pinggang, dll). Coba gores kulit Anda memanjang. beberap menit kemudian akan timbul biduran serupa goresan yang Anda buat. Sekarang yang penting adalah mengubah pola pikir Anda.
Pertama, Anda harus bisa menerima bahwa Anda hidup dengan alergi tersebut.

Yang kedua nikmatilah keadaan Anda. Dengan begitu hormon stres tidak akan banyak berproduksi, biasanya akan dapat mengurangi gejala yang Anda keluhkan. Coba saja Pak..
Keluhan gatal yang terjadi dapat berkurang dengan meminum CTM tetapi efek sampingnya adalah mengantuk. Anda dapat meminumnya sebelum tidur atau ketika sudah tidak ada aktivitas lagi yang harus membutuhkan konsentrasi. Semoga Anda dapat menikmati hidup dengan dermografisme..

- Dr. Fatimah Pitaloka-

No comments: