Pages

Tuesday, February 15, 2011

Penyakit Alergi

Sudah 3 bulan saya mengalami penyakit seperti yang diderita oleh adik Nazar. Kulit saya yang sering timbul bercak kemerahan seperti gigitan semut, dan setiap saya bangun tidur kulit saya teras gatal semua dan panas dan saya sudah pernah melakukan ter alergi, ada beberapa makanan yang harus dihindari seperti, coklat, ikan tongkol, ikan kakap, udang, cumi-cumi, tomat, kacang mente, dan saya sudah coba untuk menghindari semua, tapi hasilnya belum sembuh juga.

Pertanyaan saya
1. Apa yang harus saya lakukan
2. Makanan apa saja yang saya harus komsumsi

Mohon diberikan penjelasan agar penyakit ini bisa sembuh.
Terima kasih atas informasinya

- Suri - Ă‚

Jawaban :

Suri yang baik,

Alergi biasanya didapat dari genetis / keturunan. Jika anda sudah mengetahui pencetus alergi anda namun masih juga gatal, ada baiknya anda menjemur kasur anda di terik matahari sekaligus mengeluarkan debunya. Ganti seprai tempat tidur 1x/minggu. Cuci selimut anda juga 1x/ minggu. Usahakan menggunakan baju dari katun.

Pada dasarnya semua makan dapat anda konsumsi. Justru yang perlu anda hindari adalah makanan pencetus alergi anda seperti tongkol, udang, cumi, dll seperti yang sudah anda sebutkan. Coba anda lakukan pantang makanan tersebut selama 1 tahun penuh. Dibutuhkan ketekunan dan disiplin yang tinggi untuk melakukannya.

Penyakit alergi karena disebabkan oleh faktor keturunan maka biasanya jarang yang sembuh. Yang ada hanyalah tidak timbulnya reaksi alergi karena anda cukup disiplin dalam menghindari faktor pencetus alergi anda.

Demikian jawaban dari saya, semoga anda memahaminya.

Wass,
dr. Ira Riza

1 comment:

Anonymous said...

Dok, nama saya choky.
Saya, sudah 3x mengkonsumsi antimo dan 3x itu juga saya mengalami bibir membengkak dan ada cairan. Langit-langit di mulut mengalami luka. Bagian kelamin saya juga mengalami luka. Apakah penyebabnya oleh antimo dok ? Karena sudah 5 hari saya mengalami ini dan ini sudah ke 3x nya dok. Dan apa obatnya ?