Pages

Tuesday, February 15, 2011

gatal - gatal disertai bercak kemerahan

Saya berumur pria 30th. Akhir 3 bln ini saya mengalami gatal-gatal yang tidak tahu sebabnya. Munculnya biasa pada sekitar leher lipatan-lipatan paha dan siku dengan bercak kemerahan awalnya kecil namun setelah digaruk jadi membesar. Biasanya kalo kena udara dingin atau gerah muncul banyak. Untuk mengurangi rasa gatal saya tiap 2 hari mengkonsumsi obat "Tiriz" ( semacam Incidal). Saya pernah mengalami kondisi serupa kira-kira 8 tahun yg lalu, lalu sembuh. Dan apabila obat habis gatalnya muncul lagi. Apakah dengan saya donor darah bisa mengatasi penyakit saya. Tolong apabila ada solusi, mohon bantuan dan sarannya. Terima kasih.

- Jacky -Â

Jawaban :

Assalamualaikum Mas Jacky

Sebelumnya perlu diyakinkan terlebih dahulu ke dokter terdekat apakah gatal yang anda derita merupakan gatal karena alergi? kalau saya baca dari keluhan Anda maka dapat saya simpulkan juga Anda mungkin sekali terkena infeksi jamur sehingga selain minum obat tiriz, anda juga perlu minum obat anti jamur, salf dan bedak anti gatal. Namun obat ini tidak bisa dikonsumsi secara bebas sehingga anda sebaiknya konsultasi ke dokter terdekat.

Sedangkan untuk donor darah tidak bisa menyembuhkan penyakit gatal yang anda derita karena yang didonorkan adalah darah. Sementara penyebab penyakit gatal paling sering adalah infeksi lokal atau alergi.
Demikian jawaban dari saya, semoga dapat menjawab pertanyaan Anda.

Wassalam

Hormat Saya,

dr. Widodo Joko Santoso

No comments: