Thursday, February 17, 2011

Gatal - gatal di seluruh badan

Kira-kira 35 hari setelah keguguran tiba-tiba kulit saya gatal2. Pertama muncul bentol kecil seperti di gigit nyamuk dan kemudian merah dan sangat gatal seperti di gigit semut dan panas. Saya sudah ke Dokter kulit dan di kasih obat (sudah 3 bln lebih) bila obatnya tidak di minum maka akan muncul gatal-gatal di seluruh badan, tempatnya pindah-pindah. Mohon solusinya apa yg harus saya lakukan? dan apakah ada referensi ke Dokter mana saya harus pergi mengingat saya sudah 2x ganti dokter kulit, dan masih ada rencana mau hamil lagi

- Caroline -Â

Jawaban :

Kemungkinan besar anda menderita alergi kulit. Alergi tersebut harus dicari tahu penyebab utamanya. Apakah gatal tersebut timbul setelah anda mengkonsumsi makanan tertentu, terpajan debu/kapuk/kapas, memakai barang dengan bahan tertentu, memakai bedak/lotion/pewangi pakaian/sabun detergen tertentu atau adanya alergen lain karena setiap penyakit alergi pasti ada suatu alergen pencetusnya. Bila alergen penyebab belum ditemukan, kelainan kulit anda bisa terus timbul bila anda stop minum obat.

Untuk mengetahui jenis alergennya anda dapat melakukan pemeriksaan penunjang yaitu tes alergi kulit prick tes atau patch tes. Untuk melakukan tes ini anda dapat meminta pada dokter spesialis kulit terdekat atau anda dapat juga dapat berobat ke dokter spesialis penyakit dalam yang menangani masalah imunologi.
Jangan lupa tingkatkan juga daya tahan tubuh anda karena penyakit alergi berhubungan erat dengan sistem imunitas tubuh kita.

Demikian penjelasan dari saya, semoga anda dapat memahaminya.

Terima Kasih

- Dr. Lia Rahmarini -

2 comments:

boy said...

Setelah minum obat entrostop,kira" 30 menit sluruh badan saya gatal",mohon penjelasan ny dok.terima kasih

ari said...

Dok sluruh badan saya gatal2 dok yg pling gatal punggung,dan kluar bintik2 kya jerawat..mohon penjelasan dok.terimakasih