Pages

Thursday, February 17, 2011

Tangan dan Kaki sering berkeringat, Hubungan dengan Hipertiroid ?

Dok, kaki dan tangan saya sering kali berkeringat , terutama ketika saya mengalami tekanan, di leher saya terdapat benjolan kecil apakah itu adalah hipertiroid dimana gejala2nya mirip dengan kondisi saya, suka berkeringat, mudah tersinggung, badan kurus, dan kalau saya mau berobat musti ke dokter spesialis apa ? Terima kasih atas penjelasannya
Â

Jawaban:

Saudara Hendra ,
Benjolan di leher penyebabnya bermacam-macam, salah satunya memang dapat berasal dari kelenjar tiroid. Apabila memang benjolan tersebut berasal dari kelenjar tiroid terkadang benjolan tersebut apabila diperiksa mengikuti gerakan saat kita sedang menelan. Tetapi sebaiknya dokter yang memeriksa hal ini. Gejala – gejala dari hipertiroid antara lain keringat berlebihan, mudah tersinggung, gemetar, cepat letih dan terdapat penurunan berat badan yang tidak jelas penyebabnya .

Penyebab hipertiroid ini bermacam-macam antara lain radang atau tumor kelenjar tiroid, kelebihan iodium. Biasanya untuk lebih memastikan dokter akan memeriksa hormone tiroid di dalam darah bila lebih dari normal maka diagnosis hipertiroid dapat dipastikan. Untuk penanganan lebih lanjut sebaiknya saudara konsultasikan dengan dokter spesialis penyakit dalam subbagian endokrinologi. Semoga penjelasan saya sedikit banyak dapat menjawab pertanyaan Saudara.


(Dr. Ika Susanti)

2 comments:

Unknown said...

dok saya mau tanya, ketiak saya selalu basah walaupun itu suhunya sedang panas atau dingin. yang ingin saya tanyakan, sakit apakah saya? saya mengetahui kalau sejak smp saya sudah terkena hiperhidrosis akan tetapi itu cuma di daerah telapak tangan dan telapak kaki, ketiak saya tidak pernah basah meskipun tangan dan kaki saya berkeringat terus menerus. sekarang ketiak saya ikut basah berkeringat terus menerus padahal saya tidak melakukan aktivitas seperti diam duduk atau sedang berdiri. bahkan di ruang ber ac pun ketiak saya tetap basah dan tidak berhenti menjadi kering. apa penyakit yang saya derita dok ?
mohon bantuannya dok.

Anonymous said...

Ketiak yang selalu basah disebut dengan Axillary Hyperhidrosis, disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya: faktor hormonal, faktor metabolisme lemak di kelenjar keringat ketiak, faktor psikis (cemas), dan lain-lain.

Penanggulangan sementara dapat dilakukan sendiri dengan:
1) Menggunakan bedak yang mengandung asam asetil salisilat dan astringen.
2) Menggunakan deodorant yang mengandung bahan antiperspiran.
3) Sedapat mungkin menggunakan pakaian longgar berbahan katun sehingga lebih mudah menyerap keringat.
4) Olah raga teratur agar fungsi evaporasi dapat merata di seluruh kulit tubuh.
5) Menghindari makan makanan yang merangsang timbulnya keringat, seperti: makanan pedas
6) Minum minuman dingin.
7) Banyak makan sayuran.

Jika upaya tersebut tidak menampakkan hasil yang memuaskan, seyogyanya periksa ke dokter agar dapat diberikan obat atau advis yang tepat sesuai dengan faktor penyebabnya.