Tuesday, September 1, 2009

Usus Buntu, Kista dan Fertilitas

Saya belum menikah, ketia saya berusia 17 tahun perut bawah sakit sekali dan dinyatakan usus buntu akut, oleh karena itu operasi dilakukan untuk mengambil usus buntu. tapi pada saat dioperasi ditemukan usus buntu saya bersih tidak ada infeksi, tapi tetap diangkat, justru dokter menemukan kista pada saat dibedah, sehingga kista pun diambil ( disedot dengan suntikan ) sebanyak satu suntikan (tidak dengan kantungnya) Yang ingin saya tanyakan adalah:
1. Apakah ada kemungkinan kantung kista itu terisi kembali dan membesar? Siklus Menstruasi saya selama ini lancar, hanya terkadang suka sakit saja di pinggul.
2. Apakah akan ada efek kepada fertilitas ?

Terima kasih atas segala bantuannya,
Wassalamu a'alaikum wwb
-Gemma-

Jawaban:
Wa'alaikum salam warahmatullaahi wabarakaatuuh
Gemma yang baik, tindakan pengangkatan usus buntu yang dilakukan oleh dokter masih bisa dibenarkan walaupun saat dibuka usus buntu Gemma dalam keadaan tidak infeksi. Hal ini karena jika dibiarkan dalam perut, dan suatu saat bisa terjadi infeksi, maka Gemma harus dioperasi ulang.
Mengenai kista, sayang sekali Gemma tidak memberikan gambaran lebih detail tentang kista tersebut, seperti: lokasi kista, ukuran kista, serta isi dari kista. Tapi jika membaca cerita Gemma yang mangatakan bahwa Gemma mengalami menstruasi secara teratur dan hanya sesekali saja menderita sakit di panggul, maka Insya Allah untuk saat ini Gemma tidak mengalami gangguan reproduksi.
Demikian jawaban saya. Semoga jawaban yang saya berikan dapat menjawab pertanyaan Saudara. Jika kurang jelas atau masih ada pertanyaan lain dapat menghubungi kami kembali.
wassalaamu'alaikum

(dr. Dewi Martalena)

No comments: