Tuesday, September 1, 2009

PENGELIHATAN MATA KANAN BERBAYANG DAN PEDIH

Salam Kenal Dok,

Nama saya Ira, wanita usia 30 th.
Menggunakan softlens dengan minus mata kanan dan kiri masing2 -3.75
Sekitar 1 tahun belakangan pengelihatan mata kanan saya lebih buram dari yg kiri, tulisan seperti berbayang. Selain itu mata kanan juga cepat lelah dan kadang terasa sangat kencang seperti tertekan. Kalau sedang kambuh begitu, terlihat mata kanan saya seperti menyipit (lebih kecil) dan terasa agak pedih, ingin keluar air mata. Saya juga sering migren di sebelah kanan, sepertinya ada hub. dengan mata.

6 bulan yg lalu pernah diperiksa ke dokter mata. Waktu disuruh lihat ke kartu hitam dengan garis2 putih terasa perbedaan mata kiri dan kanan. Mata kiri melihat garis lurus dan jelas, mata kanan melihat garis berbayang dan seperti ada selaput putih tipis yg menghalangi di bagian tengah. Diagnosa dokter, ada sedikit pembengkakan syaraf mata kanan. Saya diberi obat (diminum) selama 2 minggu.
Keluhan agak berkurang. Tapi pandangan tetap berbayang, walaupun penggunaan minus dan silinder sudah benar.

Beberapa minggu belakangan keluhan tersebut mulai kambuh lagi. Jadi saya coba memeriksakan diri ke Jakarta Eye Center, untuk mendapat second opinion.
Dokter di JEC menyatakan tidak ada pembengkakan syaraf. Hasil pemeriksaan tekanan mata saya normal (berarti bukan gejala glukoma). Pemeriksaan CDC -Topografi juga hasilnya normal. Jadi dokternya bilang kemungkinan ini efek dulu pernah ada pembengkakan, atau matanya capek. Karna setting minusnya terlalu tinggi.

Saya menurunkan minus sesuai anjuran dan sementara tidak menggunakan softlens. hasilnya tidak ada perubahan. Keluhan tetap sama.
Sepertinya kalau kacamata dipakai lama, pandangan mata yg kanan makin lama makin buyar, dan semakin menyipit serta pedih. Mungkin karna pakai kacamata lebih melelahkan dibanding softlens ya? Pekerjaan saya memang di depan komputer terus.

Saya jadi bingung sebenarnya apa yg salah pd mata kanan saya. Karna semua hasil pemeriksaan dinyatakan baik, tapi kenyataannya ada keluhan....?
Saya yakin ada yg tidak beres..karna dulunya tidak begitu.

Mohon pencerahan dokter... terima kasih.

Mohon maaf sebelumnya bila menunggu jawaban dari kami.

Sebelumnya ada yang ingin saya tanyakan terlebih dahulu. Apakah anda menggunakan filter komputer? Berapa lamakah durasi anda bekerja di depan komputer? Apakah ruangan kerja anda ber-AC, bila ya apakah anda menggunakan pelembab untuk mata anda?
Cobalah untuk sering mengistirahatkan mata anda, misalnya bekerja di depan komputer 1 jam kemudian istirahatkan 5-10 menit.
Kemungkinan ada ketidakseimbangan daya akomodasi antara mata kanan dan mata kiri sehingga timbul keluhan seperti ini. Hal ini mungkin tidak terlihat pada saat pemeriksaan karena mata diperiksa satu per satu.
Saran saya coba biasakan untuk mengistirahatkan mata anda, gunakan pelembab mata bila ruangan kerja anda ber-AC dan gunakan filter pada layar komputer anda.
Itu saja dari saya semoga dapat sedikit membantu anda, terima kasih.

3 comments:

anggi said...

dok.., saya mau tanya.. mata saya kiri -3, kanan -3,5. saya akan melakukan olahraga air yaitu snorkling. apakah saya tetap bisa memakai softlens..

mohon bantuannya, terima kasih.

Syifa said...

Dok saya Syifa umur saya 11 tahun mama saya telah memberikan saya obat untuk kulit saya..tapi tetap saja obat2 yang saya konsumsi tidak bisa menyembuhkan kulit gatal2 saya semakin saya garuk semakin gatal rasanya ....saya sangat tidak nyaman karena penyakit ini

mohon jawabannya dan bantuan,terimakasih

Anonymous said...

dok sya dini umur saya 16 th mau tanya ,, kenapa mata saya selalu berbayang dua ,, tapi saat yg salah satu d tutup tidak ada bayangan ,, mata saya terkadang lelah ,, knpa ya dok ,, terimakasih ..