Pages

Saturday, August 29, 2009

KULIT LENGAN & TANGAN TERASA BERBINTIK2 KASAR & KERING

Dear team dokter,

Sudah sebulan ini kulit di sekitar lengan dan tangan bagian luar terasa kasar & kering, spt berbintik namun tidak merah bila tidak di garuk. Dan memang kadang terasa gatal apalagi bila sering diraba, namun sangat jarang sekali.
Dan saya memang punya alergi thd seafood, namun di leher dan lipatan tangan timbul reaksi gatal & merahnya dan akhir2 ini alergi tsb sptnya sudah mereda. Kulit saya tergolong sangat sensitif, terbukti bila kulit digigit nyamuk atau terasa gatal, kulit mudah memerah dan bentol2, dan jg luka gigitan akan membekas dan susah sekali hilangnya bahkan menahun, seperti di kaki saya yang banyak bekas luka dan sekarang menjadi bintik2 hitam yang sangat mengganggu pandangan. Bila terbentur, kulit sangat cepat lebam, membiru kehitaman atau bahkan bengkak. Orang jawa bilang kulit saya adalah kulit kentang dan darah saya manis.
Setiap hari saya bekerja di ruangan AC yang sangat dingin, sampai2 saya hrs mengenakan baju yg berlapis-lapis. Saya juga mengkonsumsi vitamin C tiap hari dan sudah sebulan ini saya menghentikannya karena saya pikir kulit saya menjadi buruk krn kelebihan vitamin C, namun kulit saya tak kunjung membaik.
Apakah saran dan solusi yang harus saya lakukan karena kulit tangan saya tak kunjung membaik dan terus terang dulu kulit saya mulus sekali, namun sekarang menjadi kasar dan timbul beberapa bintik hitam bekas digaruk yang sangat mengganggu kecantikan kulit.

Terimakasih atas sarannya,

Hallo Elly yang cantik : -) Salam kenal..
Tampaknya Elly menderita eksim Atopik (Dermatitis Atopik). Eksim ini terjadi pada orang2 yang memiliki kulit atopik (kulit hipersensitif atau bakat alergi / iritasi). Orang2 yang memiliki kulit atopik memiliki kulit yang sangat kering (kandungan natural moisturizer factors nya jauh lebih sedikit dari kulit normal) sehingga kulit kering ini tidak memiliki daya perlindungan yang baik. Kulit yang kering akan mudah sekali ditembus oleh bahan alergen / iritan, bahkan gatal dapat terpicu oleh keringat sendiri. Ruangan yang ber AC akan membuat kulit akan semakin kering lagi sehingga makin mudah mengalami iritasi / alergi. Untuk mengatasinya, selalu buat kulit kamu menjadi lembab. Caranya, hindari mandi dengan air terlalu hangat karena air hangat dapat melarutkan pelembab alami yang ada di lapisan luar kulit sehingga kulit makin kering. Gunakan sabun yang banyak mengandung pelembab, serta tidak mengandung pewangi / pewarna. Setelah mandi dan mengeringkan tubuh, segera oleskan moisturizer ke seluruh tubuh. Hindari moisturizer yang mengandung pewangi / pewarna. Mositurizer yang kandungannya cukup baik antara lain yang mengandung urea / lactic acyd / glycolic acid / ceramide . Pemakaian moisturizer harus diulang sesering mungkin bila sering berada di ruangan ber AC. Kulit yang lembab memiliki daya perlindungan kulit yang baik, sehingga tidak mudah iritasi / alergi / gatal. Bila eksim sangat akut (banyak bercak merah gatal di kulit), segeralah periksakan ke dokter kulit untuk mendapatkan obat anti eksim terlebih dahulu. Bila eksim sudah menyembuh jangan lupa untuk terus merawat kelembaban kulit. Bila kulit kering lagi, maka eksim akan terus berulang. OK Elly?

4 comments:

Eri Gunawan Ghozali said...

Apakah Gatal2 alergi pd Kulit/Eksim Bisa Disembuhkan scr Total? alergi kulit sy sudah tahunan,dan sudah puluhan dokter pernah menangani tp hasinya tetap,..selesai pengobatan pling lama 1 bulan,kambuh lagi,..tes alergi makanan sdh pernah dijalni dan semua ok,...obt herbal juga sudah dicoba,...skrg setiap malam sy konsumsi 1butr cetirizin & dan 1 butir metylprednisolone biar agk reda,...tolong dok solusinya trims..

argo said...

Saya memiliki komedo yg susah dibersihkan.setiap pagi dan sore saya sudah membersihkan wajah dengan facial foom,tp setiap selesai dibersihkan wajah manjadi kering.Lalu saya memakai pelembab.setiap hari selalu begitu tetapi komedo tidak mau hilang.Apa karena pelembabnya?tolong dok,saya sudah hampir putus asa untuk mengatasi komedo,dan ini menjadikan rasa percaya diri berkurang banyak karena orang2 yang memandang wajah saya selalu kelihatan jijik.

argo said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

Saya seorang remaja 17th. Saya pernah memiliki riwayat penyakit mata alergi, yang menyebabkan saya harus mengonsumsi beberapa obat tetes mata dalam jangka waktu 2th. Saya juga memiliki kebiasaan tidur larut malam, diatas jam 10.
Apakah semua hal tadi berkaitan dengan kerutan-kerutan dibawah mata saya? Apakah ada cara alami untuk menghilangkannya?
Mohon jawabannya. Terima kasih