Pages

Monday, March 14, 2011

Gatal pada seluruh tubuh anak

Ass. Wr Wb.
saya punya 2 orang putra yg pertama usia 5 tahun, yg ke 2 usia 2,5 th, saat ini udara di kota saya sangat dingin, kering serta berdebu. kedua putra saya mengalami gatal2 di sekujur tubuh yg akhirnya menimbulkan luka dan menjadi koreng serta berbekas..mohon petunjuk kira2 obat, krim ato salep serta sabun yg bisa mengurangi hal tsb.
Terima kasih. Wass

-Erry D.-

Jawaban:

Bapak Erry yang baik,

Dari informasi yang bapak berikan, saya menduga anak bapak menderita alergi. apakah ada dalam garis keturunan bapak atau istri bapak yang menderita alergi terhadap sesuatu? jika jawabannya ya, ada kemungkinan penyakit tersebut diturunkan kepada anak bapak.

Yang harus bapak lakukan adalah :

  1. Usahakan untuk menggunakan baju berbahan dasar katun yang menyerap keringat. ganti 2 x sehari.
  2. Gunakan sabun yang berbahan dasar khusus yang bersifat hipoalergenik. Biasanya terdapat diapotik. Harga jualnya cukup mahal. (mohon maaf saya tidak dapat menyebutkan merk tertentu).
  3. Beli obat syrup yang mengandung cetirizine. untuk kakaknya berikan 1 x 1 sendok obat, sementara untuk adiknya berikan 1 x setengah sendok obat, diminum pada waktu menjelang tidur malam. obat dapat dihentikan jika gejala sudah menghilang. (mohon maaf saya tidak dapat menyebutkan merk tertentu).
  4. Ada baiknya diberi lotion penghilang gatal atau bedak gatal yang berbentuk cair yang dapat bapak beli di apotik. (mohon maaf saya tidak dapat menyebutkan merk tertentu).
  5. Untuk luka yang terinfeksi bisa bapak beri salep yang mengandung kemicetine+kortikosteroid. bisa bapak dapatkan di apotik. (mohon maaf saya tidak dapat menyebutkan merk tertentu).
  6. Mandi minimal 2 kali sehari karena dengan keadaan yang sangat dingin, kering serta berdebu, maka kuman yang menempel dibadan anak bapak bisa jadi gampang berkembang biak dan juga akan menimbulkan gatal.

Demikian jawaban dari saya, semoga bermanfaat.

dr. Ira Riza

No comments: