Pages

Monday, March 14, 2011

apakah batu pada saluran kencing bisa berpengaruh pd kehamilan?

Dokter Yth. Saya usia 23 tahun suami 28 tahun dan telah menikah juli 2008. Setelah saya menikah ada saja keluhan sakit yang saya alami awal agustus kemarin saya merasakan nyeri di perut kanan bawah, hasil pemeriksaan dokter mengatakan kalo saya usus buntu dan harus dioperasi tetapi setelah test USG hasilnya negatif. Sebelumnya kekhawatiran mertua adalah saya dikira Hamil. Kemudian awal september ini saya merasakan nyeri di pinggul kiri bawah dan dokter mengatakan ada batu kecil di saluran kencing. Nah, yang saya ingin tanyakan apakah batu di saluran kencing itu akan berpengaruh pada kehamilan jika nanti saya benar2 hamil ? Dan bagaimana caranya ya dok, untuk bisa cepat hamil ? saya dapat haid tgl 13 juli, 10 agustus dan bulan ni saya seharusnya keluar haid tanggal 08 sept ni ... menurut dokter kapan waktu masa subur saya untuk melakukan hubungan ? Mohon penjelasan dari dokter

- Indah -


Jawaban :

Ibu Indah yang saya hormati, Batu di saluran kencing atau yang biasa di sebut batu ureter dapat menyebabkan nyeri yang cukup hebat karena batu tersebut dapat mengiritasi dinding ureter atau saluran kencing dan dapat menyebabkan kencing/BAK berwarna merah karena iritasi tersebut.nyeri tergantung dari besar kecilnya batu.Jika batu tersebut tidak juga keluar dan tambah membesar maka dapat menyebabkan membengkaknya ginjal. Jika batu masih kecil kemungkinan kambuh nyeri kembali cukup besar jika hamil tidak secara langsung akan mengganggu kehamilan mungkin sewaktu-waktu akan merasakan nyeri kembali.Sebaiknya konsultasi lagi dengan dokter spesialis bedah urolog jika ada gangguan kembali untuk tau lebih lanjut apakah batu masih ada atau mengalami pembesaran atau tidak.
Haid tanggal 13 juli kemudian tgl 10 agustus berarti memiliki siklus haid 28 hari,kalau ibu memiliki siklus yang teratur kemungkinan masa ovulasi adalah hari ke 14 di hitung dari hari pertama mens atau 14 hari sebelum mens berikutnya.umur ovum atau sel telur wanita adalah 24 jam,sedangkan umur sperma adalah 3X24 jam atau 3 hari,maka sebaiknya berhubungan kira-kira 2 hari sebelum masa ovulasi sampai dengan 1 hari setelah ovulasi.masa subur kira-kira tiga hari dan berhubungan dapat dilakukan 2x dalam 1 hari pada masa subur.untuk mengetahui sedang mengalami ovulasi biasanya ditandai dengan keluarnya cairan bening dari lubang kemaluan yang biasanya tidak putus jika diambil atau ditarik. Suhu basal atau suhu badan pada saat bangun tidur sebelum melakukan aktivitas apapun agak meningkat/badan lebih hangat dari biasanya.Dan biasanya wanita lebih sensitif dan (maaf) bergairah atau ingin melakukan hubunngan. Diluar semua itu yang pasti kita di wajibkan untuk selalu berdo'a kepada Alloh SWT semoga segera di karuniai keturunan yang soleh dan solehah.Amien.Karena Allah lah yang Maha Tahu mana yang terbaik untuk kita.Semoga ibu cepat dikaruniai keturunan yang di harapkan.Amien.

- Dr. Tri Suwarni -

No comments: