Pages

Tuesday, March 15, 2011

apakah punggung gatal berarti leukimia?

Dokter,nama saya Asmaryanti. Usia saya 16 tahun school di SMKN 2 SKW. saya sangat senang kalau membaca teori tentang "KANKER". Tapi dok,saya aneh dengan punggug saya sering gatal,apa itu artinya ada kelainan pada darah saya? soal nya saya pernah lihat di film dia gatal gatal di punggung nya. Dan akhir nya dia di vonis leukimia oleh dokter. Jadi saya takut seperti itu,Dok? Tolong jawab saya Dok,maaf jika kata kata saya susah di mengerti. Terima Kasih

- Asmaryanti -

Jawaban :Â

Yang Saya hormati Asmaryanti di SKW,

Gatal - gatal di punggung banyak sekali penyebabnya, gatal bisa disebabkan alergi, infeksi bakterial, jamur, virus, penyakit metabolik, iritasi, neuritis, dan keganasan seperti contoh yang mbak asmaryanti sebutkan.
Kalau gatal itu terjadi sewaktu kita makan makanan laut seperti ikan laut, udang, cumi atau telur maka penyebabnya adalah alergi, di dunia medis disebut dengan penyakit dermatitis kontak alergi. Jika alergi maka penanganannya adalah kurangi konsumsi makanan yang menyebabkan alergi dan minum obat - obatan anti alergi seperti inscidal od ( di pasaran apotek ada).
Namun jika gatalnya terjadi tanpa adanya paparan alergen, maka harus dilihat di tempat gatalnya apakah ada warna merah? ada benjolan? ada erosi? ada lecet? atau ada kelainan lain? apakah ada kelainan darah? dan adakah penurunan berat badan?Jadi untuk lebih jelasnya asma berobat aja ke dokter terdekat karena jika memang penyebabnya bukan alergi maka perlu obat antibiotik, antivirus atau imunomodulator yang peresepannya harus melewati dokter.
Demikian jawaban dari saya, semoga bisa menjawab kekhawatiran mbak asma..
Â
Hormat saya,

- Dr.Widodo Joko Santoso -

No comments: