Pages

Tuesday, March 15, 2011

Benjolan pada Labia Mayora

Pertanyaan :

Selamat Siang Dok. Saya seorang ibu 3 anak, usia 37 th. Beberapa tahun lalu ... saya kurang ingat persisnya tapi kira-kira setelah melahirkan anak kedua tahun 2004, saya menemukan adanya benjolan sebesar kacang hijau di dalam labia mayora sebelah kanan saya. Tidak terasa sakit dan agak sulit dipegang karna seperti lari-lari. Saya penasaran dan periksa PAP SMEAR, Alhamdulillah hasilnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun baru-baru ini, saya baru sadar .. ternyata benjolan itu jadi membesar ... kira-kira sebesar biji tasbih / kacang tanah ... tidak sakit .. tapi bila saya perhatikan di depan kaca terlihat besar seperti bergelantung. Saya coba pegang.. seperti ada bakso didalam kulit.. kenyal dan bulat. Saya jadi takut juga dok. Saya sempat tanya ke dokter kandungan pada waktu saya sedang hamil anak ketiga saya .. dia hanya tertawa dan bilang kalau itu hanya Hernia atau turun berok, jawabannya tidak memuaskan hati saya. Yang ingin saya tanyakan, penyakit apakah ini, Dok? apakah ini tumor? Saya harus periksa ke mana Dok ? Lalu, akan ada tindakan apa kalau memang penyakit ini berbahaya ? Apa yg harus saya lakukan ? Mohon informasi selengkapnya dari Dokter.

- Winda -

Jawaban :

Pada dasarnya segala macam benjolan tidak normal didalam tubuh dapat dikatakan sebagai tumor. Secara garis besar dapat di bedakan menjadi 2 bagian yaitu tumor jinak dan ganas. Yang terpenting dan harus diwasapadai adalah yg bersifat ganas karena apabila hal ini tidak ditangani dengan tepat dapat menjadi berbahaya.

Ciri-ciri dari suatu tumor yang ganas adalah cepat membesar, keras bila diraba, tidak dapat digerakan dari dasarnya, permukaan berbenjol, cepat menjadi berok atau luka Demikian pula sebaliknya pada tumor jinak.
Dari gejala yang anda keluhkan kemungkinan menderita tumor jinak. Akan tetapi bila anda ragu anda dapat menkonsultasikan ke dokter ahli kulit dan kelenjar.

Demikian jawaban dari saya, semoga bermanfaat bagi anda.

Hormat Saya

- Dr. Tomy Nurtamin -

No comments: