Pages

Saturday, April 2, 2011

Air Seni Bercampur dengan Sperma, Wajarkah?

Dokter Yth,

Saya pria usia 36 tahun sudah menikah dan memiliki satu orang anak, anak saya sudah berumur tujuh tahun dan sampai saat ini belum dikarunia lagi momongan. Sekarang kami sedang berusaha untuk mendapatkan lagi momongan.

Kami berdua sudah memeriksa ke dokter dan tidak mempunyai masalah atas kesuburan kami. Saat ini saya dikagetkan sewaktu saya mengeluarkan air seni. Pada tetesan terakhir sering dibarengi dengan keluarnya sperma, dan tidak disertai dengan sakit.

Pertanyaan saya:

1. Kenapa bisa terjadi hal tersebut ya dok?
2. Apakah itu berbahaya dengan program yang kami sedang lakukan?
3. Bagaimana cara mengatasi hal tersebut?

Atas perhatian dan jawaban dokter kami ucapkan terima kasih

very amril [vheery_amril@yahoo.co.id]

Jawaban:

Jika Anda menginginkan mempunyai anak lagi sudah lebih dari satu tahun dan telah melakukan hubungan seksual teratur (dua-tiga kali/minggu) bisa dikatakan Anda dan pasangan infertilitas sekunder walau sebelumnya pernah hamil dan menghamili tetapi dengan berjalannya waktu, bertambah usia mungkin ada penyakit yang menyertainya tidak jaminan keadaan kesuburan Anda kedua tidak bermasalah.

Untuk memastikan air seni bercampur sperma dianjurkan periksa urin atau air seni Anda ke laboratorium jika benar tercampur sperma diartikan ada bagian penutup saluran (klep yang seharusnya bergantian menutup terganggu, untuk memastikan perikasalah ke dokter).


Salam

dr Nugroho Setiawan, Ms, SpAnd

No comments: