Pages

Saturday, April 2, 2011

Batuk berdarah

Pertanyaan:

Dok, Pagi tadi saya tiba-tiba batuk dan berdahak pas saya keluarkan ternyata dahaknya berwarna merah dan seperti dahak pada umumnya cuma dahaknya aja yang berwarna merah sedangkan air liur tetap putih seperti
biasa, saya tidak sedang sakit dan tidak sedang flu, kondisi kesehatan saya baik-baik saja. Kenapa tiba-tiba saya jadi batuk ya? kondisi saya ini berbeda dengan kasus di atas karena ini baru pertama kali terjadi dan saya tidak sedang sakit. Terima Kasih atas perhatiannya

- Riska -

Jawaban :

Sampai saat ini sudah berapa kali batuk berdarah? seberapa banyak? warna darah merah muda/agak kuning?
Walau kita tidak sedang sakit, batuk juga bisa terjadi karena batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh kita terhadap benda asing dari luar. Jika sedikit & hanya satu kali, bisa saja itu hanya sedikit luka dari tenggorokan sehingga mengeluarkan sedikit darah. Jika banyak, bisa berasal dari saluran nafas bagian atas, bisa terjadi infeksi pada paru. Saran saya, sebaiknya konsultasikan ke dokter terdekat anda untuk mendapat penanganan yang lebih baik. Demikian jawaban dari saya, semoga bermanfaat bagi anda.

Terima Kasih

- Dr Niken Sasanty Ardi -

3 comments:

Anonymous said...

Saya jg mengalami batuk berdarah sekitar 3 jam yg lalu. Ada rasa sakit sedikit di hidung bagian kiri atas. Tadi pagi memang saat mengeluarkan lendir dari hidung, lendirnya bercampur darah dok. Sesaat sblm batuk memang rasanya ada lendir yg ke telan, trus saya batuk dan mengeluarkan lendir, seperti darah segar. kebetulan ada tugas keluar kota yg sangat menguras tenaga, mungkin krn saya kecapean ato jgn2 kena TBC dok?
Mohon penjelasannya dok, apa yg sebaiknya saya lakukan sbg pengobatan awal. tdk ada dokter skrg disini...
Makasih atas penjelasannya

-ym-

Anonymous said...

met sore dok..saya mau tanya,adik saya sudah 2 th menderita batuk berdahak yang susah di keluarkan,dan dahak itu berwarna putih bening, saya mohon solusinya...trima kasih.

Anonymous said...

met malam dok, adik saya umur 19 thn, pria, juga sdh 3 hari batuk darah, darah nya lumayan banyak, tiap kali batuk, khususnya pada malam hari, batuknya baru beberapa hari, warnahnya merah bukan merah segar, menggumpal, tapi tidak berbusa, ada riwayat sering mimisan,
pemeriksaan darahnya hasilnya tes mycobact TB negatif, tapi belum ada pemeriksaan sputum,,
kata dokter mungkin penyebabnya ada perdarahan pada saluran nafas atas, sudah minum tranexamad acid tapi masih batuk darah, mohon solusinya dok, terima kasih banyak..