Pages

Monday, April 11, 2011

Gangguan Pendengaran

Saya mengalami gangguan pendengaran di telinga kanan saya. Setelah diperiksakan di RSSA diketahui bahwa gendang telinga saya buram dan agak cekung ke dalam. Apakah hal ini bisa disembuhkan/diperbaiki sehingga pendengaran saya bisa normal kembali. Terima kasih Achmad

-Achmad-

Jawaban :

Bapak Achmad yang baik, saya turut prihatin dengan apa yang bapak alami. Gendang telinga buram dan agak cekung kedepan biasanya disebabkan karena adanya infeksi akut atau peradangan di bagian telinga tengah, dan biasanya berhubungan dengan peradangan saluran pernafasan bagian atas. Penyakit ini bisa disembuhkan dan pendengaran dapat normal kembali, asal bapak rajin berobat dan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh dokter yang merawat. Apabila memungkinkan, bapak dapat berobat ke dokter spesialis THT. Semoga cepat sembuh.

Demikian penjelasan dari saya, semoga anda dapat memahaminya

Terima Kasih

-Dr. Diana Iswanto-

2 comments:

yani said...

selamat pagi dok...
saya mengalami gangguan di telinga. kalau badan saya panas atau terkena pilek biasanya telinga saya mengeluarkan cairan yang berbau busuk..hal ini telah saya alami selama 14 tahun...dulu saya berdomisili di desa yang sangat minim info kesehatannya..seingat saya, orang tua pernah mengajak saya berobat..tetapi penyakit ini tidak pernah sembuh sampai sekarang..barusan saya tau bahwa saya mengidap OMA..(berdasarkan ciri2 dari penyakit ini)..pertanyaan saya:
1. bisakah penyakit saya di sembuhkan???jujur saya sangat malu dengan penyakit ini..saya jadi tertutup dan kurang bergaul karena takut teman2 jijik dengan saya..
2. kira2 biayanya mahal g y dok kalo saya berobat ke THT???
mohon bantuannya dok..
terima kasih

DEDDY said...

SELAMAT MALAM DOK,
NAMA SAYA DEDDY.
SAYA MENGALAMI PENDENGARAN TELINGA KANAN MENGECIL.... DI TES AUDIO METRICK TELINGA KANAN SAYA 20% KIRI 85%
TAPI LO KOTORANG TIDAK JUGA. . . . MOHON JWBN.A DOK TELINGAKANAN SAYA TUH KIRA2 KENAPA DOK.

SAAT SAYA MENUTUP TELINGA KIRI SAYA DAN SAYA SAMBIL BERBICARA SUARA YG SAYA UCAPKAN ADA DI DALAM KEPALA. DAN KALO TELINGA KANAN SAYA SAYA TUTUP DAN SAMBIL BICARA SUARANYA DILUAR KEPALA/NORMAL

MOHON JAWABAN.A