Pages

Saturday, June 18, 2011

Pascaoperasi Kista Tak Menstruasi

DOKTER Anita yang baik, saya Ririn (40) dari Sabang, Aceh. Saya seorang ibu rumah tangga, waktu usia 34 tahun saya pernah operasi kista di bagian kiri dan kanan (luar) rahim, dan sekarang saya tidak mendapatkan haid lagi. Yang ingin saya tanyakan:

1. Mengapa hingga kini saya tidak mendapatkan haid lagi, apakah itu penyebab dari operasi tersebut?
2. Bagaimana solusinya agar saya bisa mendapatkan haid kembali?
3. Apakah saya masih bisa mempunyai keturunan? Sadangkan bermacam-macam obat sudah saya coba, baik resep dari dokter maupun obat tradisional. Terima kasih untuk jawabannya.

Ririn-Sabang, Aceh.

Jawab:

Apakah waktu operasi kista tersebut hanya indung telurnya saja yang diangkat, bagaimana dengan rahimnya? Apakah diangkat juga? Kalau rahim diangkat dan indung telur keduanya diangkat (kiri dan kanan), Anda memang tidak akan menstruasi lagi dan tak mungkin punya anak.

Apakah sebelum operasi tidak diterangkan oleh dokter kandungannya apa yang akan dilakukan, apa yang akan terjadi sesudahnya. Coba Anda konsultasi lagi dengan dokter yang mengoperasi Anda.


Dr Anita Gunawan SpAnd

1 comment:

april said...

saya juga mau menanyakan pascaoperasi kista, saat mau melakukan hubungan suami istri, knp tidak ada cairan pelumas yg keluar, malah air seperti kencing dok, perlu di ketahui, pengangkatan kista berikut indung telur sebelah kanan, terima kasih