Pages

Thursday, July 21, 2011

LUDAH ADA DARAH

salam dok, saya pria 30 th,berat 85 tidak merokok
lansung saja 1 minggu yg lalu saya ada sedikit mual seperti ada riak di tenggorokan dan mau muntah tapi setelah meludah saya lihat ada sedikit darah di ludah, sedikit dan beberapa kali ludah udah normallagi.
dan 3 hari kemudian saya bangun tidur dan ternyata saya meludah juga sama, info: saya tidur mendengkur keras.
yg saya tanyakan :
1. apakah darah berasal dari tenggorokan dok?

2. apakah paru2 saya dok, info : seminggu sekali saya bepergian dengan sepeda motor perjalanan 2 jam, apakah darah juga tanda2 paru2 basah?

3. saya ada sedikit batuk2 ringan apakah mungkin tbc?

mohon penjelasannya, terima kasih

Jawab :

Ada kemungkinan darah tersebut berasal dari tenggorokan atau bisa juga dari saluran pernafasan (paru2) anda. Dan apabila disertai dengan riwayat batuk2 apalagi bila dalam jangka waktu lama, tidak menutup kemungkinan anda terkena TBC tetapi hal itu harus ditegakkan dengan melakukan serangkaian pemeriksaan (rontgen dada, pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan dahak, mantoux-test, dsbnya).
Jadi saran saya lebih baik anda berkonsultasi langsung dengan dokter penyakit dalam atau langsung ke dokter spesialis paru untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat untuk keluhan anda.

dr. Susy

No comments: