Pages

Friday, August 5, 2011

Sering Alami Keguguran

SALAM kenal dokter. Perkenalkan saya Ika, 29, dengan bobot tubuh 77 kg dan tinggi 161 cm. Usia suami saya 31 tahun.

Saya pernah mengalami keguguran dua kali. Pertama pada usia empat bulan lebih dua minggu dikarenakan saya jatuh terpeleset, sedangkan yang kedua pada usia dua bulan. Saat itu mula-mula flek, kemudian setelah diberikan obat ternyata bertambah banyak sampai akhirnya tidak bisa diselamatkan.

Namun pada saat saya hamil yang kedua, saya mengalami keputihan yang selama ini saya tidak pernah alami. Keputihan itu berbau kurang sedap. Kemudian setelah saya dikuret saya fikir keputihan tersebut tidak akan ada lagi ternyata masih ada juga dan masih berbau tidak sedap.

Kemudian saya berobat dan diberikan obat yang harus dimasukan ke dalam vagina pada masa pengobatan tersebut berangsur-angsur keputihan saya sembuh dan tidak berbau lagi. Tetapi setelah selang satu bulan, obatnya habis dan kambuh lagi keputihan tersebut.

Keputihan saya jenisnya cair tidak kental dan berwarna bening. Ini sangat mengganggu perasaan saya pada saat saya sedang berhubungan intim dengan suami. Takut suami jijik, meskipun suami bilang dia tidak mencium bau tidak sedap tersebut.

Setelah keguguran yang kedua, kenapa haid saya yang biasanya tujuh sampai sembilan hari berubah menjadi hanya empat hari paling lama. Tindakan apa yang harus saya lakukan untuk penyembuhan ini? Mengapa setelah keguguran yang kedua saya merasa sulit untuk hamil kembali? Mungkinkah wanita yang mempunyai berat tubuh seperti saya sulit hamil dikarenakan terlalu gemuk? Mengenai perubahan lamanya masa haid apa juga memengaruhi sulitnya saya hamil? Terima kasih atas kesediaan dokter untuk menjawab problem saya.

Jawaban:


Mengalami keguguran yang berulang sebaiknya dicari penyebabnya. Apakah mengidap penyakit TORCH, mioma, mulut rahim, dan masih banyak kemungkinan lain.

Tentang keputihan yang Anda alami kemungkinan ada penyebab kebiasaan yang salah dikarenakan keluhan itu berulang, mungkin salah pakai pembersih, atau ada infeksi ping pong dengan suami. Selain itu bisa disebabkan oleh kebersihan Anda kurang terjaga, seperti habis senggama ada semen yang keluar atau mengalir sehingga Anda tidak mengganti celana dalam atau memakai
pentyliner, dan lain sebagainya.

Lama haid dari tujuh hari menjadi empat hari tidak menjadi masalah dan masih dalam batasan normal (tiga sampai tujuh hari dengan jumlah darah cukup).

Memang fungsi tubuh akan optimal jika berat badan kita ideal, tetapi kegemukan bukan merupakan penyebab pasti kurang suburnya Anda atau infertilitas.

Salam

dr Nugroho Setiawan, Ms, SpAnd

1 comment:

Unknown said...

kenapa setelah keguguran . sselama 2minggu ini slalu keluar darah yang baunya tidak sedap dan pinggiran vagina gatal dan bintik2 .. apa penyebab dan apa obatnya dok