Pages

Saturday, December 17, 2011

Apakah Hernia Harus Selalu Dioperasi?

Dok, saya penderita hernia (turun berok) dan sangat memerlukan informasi yang berhubungan dengan penyakit ini, untuk sembuh atau meringankan penderitaan saya dari penyakit yang saya derita ini.

1. Saya menderita hernia lebih kurang sudah 2 tahun. Selama menderita hernia saya sering terdorong untuk buang air besar, tapi saya rasakan atau saya perhatikan kotoran sulit keluar. Pada saat itu saya perhatikan ada cairan kental juga yang keluar bersama kotoran atau kotoran sedikit yang keluar. Tapi cairan kental yang keluar juga ada dan lumayan banyak bersama darah dan kadang-kadang tidak bersama darah tapi kotoran dan cairan kental saja.

2. Pada kondisi seperti ini, apakah saya sudah sangat penting sekali untuk dioperasi. Kalau kambuh buah zakar dan perut sebelah kiri kelihatan membengkak dan sakit sekali. Hal itu terjadi bila saya pergi membotot (memungut barang bekas di jalan raya). Tapi bila di rumah saja atau tidak memulung rasa sakit akibat hernia itu tidak ada, tapi sering-sering ada keinginan untuk buang air besar.

3. Adakah pencegahan atau pengobatan lain untuk sakit saya ini? Misalnya dengan korset (perlengkapan pengencang perut untuk para atlet).

4. Apakah dengan makanan yang bergizi untuk memperbaiki pendarahan pada usus atau memperbaiki daging usus yang koyak, seperti rumput laut karena banyak mengandung karotin atau nutrisi lainnya yang sejenis dapat menyembuhkan penyakit ini.

5. Penyakit ini apakah juga di sebabkan makanan yang berbahaya seperti mengandung MSG sehingga menimbulkan tingginya asam lambung dan pengikisan dinding usus sehingga usus masuk melalui dinding mengarah ke bagian zakar.

6. Untuk mengurangi tingginya asam lambung yang menyebabkan pengikisan dinding usus, makanan apa saja yang mengandung nutrisi yang cocok untuk mengobatinya.

7. Apakah buah Jeruk dapat menyebabkan pengisikan atau penipisan dinding lambung (usus) karena rasanya yang asam.

Benhard Silaban (Pria Menikah, 38 Tahun), benhardsilaban@gmail.com

Jawaban

Hernia merupakan penyakit akibat defek anatomi yang menyebabkan kemungkinan adanya usus yang keluar melalui suatu celah dan menyebabkan usus terjepit.

Usus yang terjepit menyumbat aliran makanan dalam usus sehingga dapat terjadi gangguan buang air besar. Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut apakah memang buang air besar tersebut akibat hernia.

Operasi adalah opsi terbaik dan perlu dilakukan persiapan operasi yang optimal. Perlu menjadi catatan, bahwa hal ini terjadi bukan karena gizi yang tidak baik tetapi karena adanya gangguan saluran makanan akibat tersumbat.

Dalam kasus hernia, umumnya asam lambung tidak ada hubungannya. Buah jeruk tidak selalu meningkatkan asam lambung. Dalam usus halus umumnya sudah bersifat basa sehingga asam tidak berpengaruh. Yang paling utama dalam kasus ini adalah perbaikan aliran saluran cerna Bapak.

Dr. Hermansyur Kartowisastro, SpB-KBD

No comments: