Pages

Tuesday, December 13, 2011

Bagaimana Menangani Nyeri Persendian?

Dok, 2 bulan ini saya mengalami nyeri persendian namun tidak bengkak yaitu pada ruas ruas 2 jari tangan kiri, lutut kiri, dan ruas ruas jari kaki kiri. Hal ini menyebabkan sakit kala untuk beraktifitas maupun bila dipijit. Apa yang harus saya lakukan untuk menyembuhkannya? Terimakasih.

Kurniawan Edy (Pria Menikah, 41 Tahun), gjoXXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 167 Cm dan Berat Badan 74 Kg

Jawaban

Anatomi jari tersusun pula atas tulang, sendi, otot, pembuluh darah dan saraf. Sedangkan sendi jari-jari tangan dan kaki terdiri dari jaringan lunak, akhiran otot serta membrane dan cairan yang berfungsi melumasi sendi tersebut. Gangguan pada salah satu jaringan tersebut dapat menyebabkan keluhan nyeri.

Pada awal kejadiannya, nyeri sendi sering disertai dengan pembengkakan. Tetapi apabila terjadi cukup lama (2 bulan) pembengkakan akan hilang tetapi nyeri dapat tetap terjadi. Apabila terjadi pembengkakan, proses peradangan dapat dimungkinkan terjadi. Terapi peradangan sendi sangat bervariasi.

Hal yang dapat dilakukan sendiri untuk mengurangi nyeri pada sendi pad jari-jari:
1. Sering lakukan latihan ringan dengan menggerakkan jari-jari tersebut
2. Obat anti nyeri, tersedia pula yang dalam bentuk salep.

Tetapi dengan melihat kejadian nyeri yang telah berlangsung lama dan mengganggu, disarankan untuk mengunjungi dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut sehingga dapat diketahui dengan pasti penyebab nyeri dan terapi yang dapat dilakukan.

dr. M. Helmi, Sp.An., MSc.

No comments: