Pages

Thursday, December 15, 2011

Bahaya Miom Saat Mengandung

Dear Dr Calvin, saya sedang hamil 3 bulan. Namun hasil pemeriksaan dari USG ditemukan miom. Saya ingin tanya:
1. Seberapa besar bahaya miom bagi bayi saya?
2. Apa yang perlu saya lakukan agar bayi saya tumbuh normal dan sehat?
3. Apakah minuman beroksigen dapat membantu menghilangkan miom?
Terimakasih dok.

Nike (Perempuan Menikah, 33 Tahun), cici.rosadi@gmail.com


Jawaban

Pada umumnya miom tidak berbahaya bagi janin, kecuali jika ukurannya lebih dari 10 cm. Pada miom yang besar dapat timbul kontraksi prematur sehingga dapat terjadi kelahiran prematur. Walaupun ada risiko kontraksi prematur, pada umumnya tidak dianjurkan tindakan pengangkatan miom dalam kehamilan.

Pengangkatan miom yang besar pada kehamilan dapat menyebabkan kontraksi prematur dan pengangkatan yang dilakukan saat operasi caesar dapat mengakibatkan perdarahan hebat. Pengangkatan biasanya dilakukan setelah masa nifas dan pengangkatan ini dilakukan bila miom menyebabkan gangguan seperti perdarahan haid yang berlebihan.

Miom tidak merebut makanan janin. Jadi jalani kehamilan seperti kehamilan tanpa miom. Terakhir, belum ada metode pengobatan yang dapat menghilangkan miom secara permanen.

DR. Med. Dr. Calvin Tjong, SpOG

No comments: