Pages

Wednesday, May 16, 2012

Gatal di Kemaluan yang Tak Kunjung Hilang

Dok, saya punya masalah di kemaluan. Awalnya gatal, meradang dan telah 2 kali ke dokter umum. Saya diberi beberapa obat minum ada yang 2 kali sehari dan ada yang 5 kali sehari, ada juga obat oles, tetapi penyakit saya tak kunjung sembuh, bahkan keluar cairan seperti nanah yang tidak berbau tapi agak gatal. Kalau boleh tahu penyakit apa dan apa obatnya dok? Terimakasih.

Apli (Laki-laki Menikah, 49 Tahun), apliXXXX@yahoo.co.id,
Tinggi Badan 173 Cm, Berat Badan 74 Kg

Jawaban

Penjelasan kondisi yang Anda berikan sebenarnya kurang memadai bagi saya untuk memberikan jawaban dengan baik. Lokasi kelainan merupakan salah satu hal yang kurang jelas, apakah kelainan terletak di kepala penis, batang penis ataukah dari lubang kemih.

Penyebab gatal dan meradang yang muncul pada bagian kepala penis dapat disebabkan oleh berbagai hal. Tersering disebabkan oleh jamur Candida spp, terutama bila Anda belum disirkumsisi (sunat) atau menderita penyakit diabetes melitus. Faktor risiko ini akan menyebabkan kekambuhan infeksi jamur ini, sehingga hilang timbul berulang-ulang.

Keadaan gatal dan meradang dapat pula disebabkan oleh infeksi herpes kelamin. Pada infeksi herpes, dimulai dengan lenting-lenting berisi air yang sangat mudah pecah, meninggalkan lecet dan radang, bisa disertai gatal, namun lebih sering didominasi rasa pedih.

Pada beberapa kasus, timbul lenting berkelompok berisi nanah, biasanya berukuran kecil-kecil. Mungkin inilah yang dipikirkan oleh dokter yang sempat Anda kunjungi, sehingga diberikan asiklovir yang diminum 5x sehari.

Herpes kelamin disebabkan oleh virus, yang akan terus menetap pada tubuh kita seumur hidup. Penyakit ini sangat mudah kambuh, dipicu oleh penurunan daya tahan, kelelahan fisik maupun mental (stress).

Bila ada keluhan keluar cairan dari ujung lubang kemaluan, tentu harus dipikirkan infeksi maupun peradangan pada saluran uretra. Hal ini paling sering disebabkan oleh bakteri dan protozoa.

Selain itu, peradangan bisa pula berasal dari kelenjar prostat. Untuk kondisi Anda yang terus berulang, lebih bijaksana bila Anda datang berobat ke dokter spesialis kulit dan kelamin agar mendapatkan evaluasi secara lebih mendalam.

dr. Susie Rendra, SpKK

No comments: