Pages

Monday, June 4, 2012

Kenapa Dada Penderita TBC Sering Sakit Setelah Minum Obat?

Dokter, saya mau menanyakan tentang penderita TBC yang baru menjalani pengobatan OATnya selama 1 minggu. Namun dada pasien tersebut sakit sekali, bahkan kalau dipegang saja terasa sakit. Apa yang harus pasien tersebut lakukan dokter atau obat apa yang cukup ampuh namun aman untuk pasien tersebut? Terimakasih

Shintyawaty (Perempuan Menikah, 26 Tahun), tsatyXXXX@yahoo.co.id,
Tinggi Badan 149 Cm, Berat Badan 45 Kg

Jawaban

Tuberculosis paru adalah infeksi paru yang menyerang jaringan parenkim paru yang disebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberkulosis. Bila pasien TB paru terdapat gejala nyeri dada, maka nyeri ini timbul jika infiltrasi radang sudah sampai ke pleura (selaput paru) sehingga menimbulkan pleuritis.

Terjadinya gesekan kedua pleura sewaktu pasien menarik dan melepaskan nafas akan menimbulkan rasa nyeri di dada. Sebaiknya pasien kembali kontrol ke dokter apabila ada tanda nyeri dada. Dokter akan melakukan pemeriksaan foto dada ulang untuk menilai apakah ada pleuritisatauefusipleura.

Saran pengobatan adalah obat-obat anti tuberculosis diteruskan, karena pengobatan ini menyebabkan cairan efusipluera dapat diserap kembali, tetapi untuk menghilangkan cairan dengan cepat atau bila jumlah cairan efusipluera cukup banyak dapat dilakukan torakosintesis.

Namun bila terdapat nyeri yang hebat biasanya dokter akan memberikan kortikosterioid selama kurang lebih 2 minggu.

Dr. Kamsi Rachmawati, Sp.PD

2 comments:

Unknown said...

slamat malam dok.
saya seorang pria berumur 64 tahun, saya di punish dokter menderita penyakit flek di paru paru (negatif TB), trus saya disuruh minum obat slama 6 bulan, slama disuruh minum obat knapa dok kondisi badan saya semakin menurun(kurus) dan badan trasa tidak karuan(gelisah) setelah minum obat. saya minum obat ini sebelum sarapan, yang ingin saya tanyakan obat tersebut sebaiknya diminum sesudah atau sebelum makan dok trus waktunya sebaiknya pagi atau malam, mohon penjelasan nya.
terima kasih

HanGiHae said...

Malam dokter.. Aku punya pacar dia Kurus 1 keluarga. Dan kemarin dia kedokter gara2 batuk2 dan di suruh rongen trs hsilnya ada 4 flek. Dan batuknya hanya 2 hari saja sudah semuh. sampai sekarang ga pernah batuk lagi. apa itu termasuk enyakit tb dengan adanya plek dan kurus. sedangkan kurus yang dia alami adalah kurus keturunan dan dia tidak punya gejala batuk menahun. makasih sebelumnya mohon d jawab. makasih