Pages

Tuesday, August 21, 2012

Sering Kliyengan Apakah Itu Vertigo?

Dokter, saya sering mengalami sakit kepala (kliyengan) apabila malam menjelang tidur dan selalu muntah karena tidak tahan dengan pusing tersebut yang kejadian selama 3 hari.

Pertanyaan:
1. Apakah saya terkena vertigo?
2. Saya sudah dokter umum dan mendapatkan obat yang cukup membantu untuk dapat tidur pulas dan keadaan saya cukup baik setelahnya. Tapi bila menjelang sore hari, gejala pusing kembali muncul. Apakah saya harus ke dokter THT?
3. Kira-kira berapa biaya ke dokter dengan kondisi seperti saya? Mohon bantuannya, dan terimakasih

Dedi (Pria Lajang, 28 Tahun), dedi_nich@yahoo.co.id
Tinggi Badan 172 Cm dan Berat Badan 57 Kg


Jawaban

Rasa pusing berputar disebut sebagai vertigo. Pusing yang hebat dapat menyebabkan gejala otonom berupa keringat dingin, mual dan muntah.

Vertigo merupakan gejala yang dapat ditimbulkan oleh berbagai penyakit, misalnya gangguan pada telinga dalam, peradangan saraf, tumor otak, stroke, obat-obatan ataupun gangguan pada leher. Saya sarankan anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf atau dokter spesialis THT.

Dr. Michael Setyawan SpS

No comments: